Makin Eksis di Indonesia, Accor Genjot Aliansi

Perusahaan pengelola jaringan hotel asal Prancis, Accor Group, semakin intensif menggarap pasar Indonesia. Hal itu tak lepas dari perkembangan bisnisnya di Indonesia yang dalam lima tahun terakhir tumbuh fantastik. Di Indonesia, Accor sudah mengelola tak kurang dari 80 hotel.   Perkembangan Accor di Indonesia mudah dibaca dari pertumbuhan hotel-hotelnya, khususnya hotel yang menyasar segmen menengah seperti Novotel, Mercure dan ibis.

"Ya, Indonesia memang pasar yang sangat penting bagi Accor. Pertumbuhan bisnis kami di Indonesia sangat baik," ungkap Gerard. Guillouet, Chief Operating Officer Accor Malaysia, Indonesia & Singapura, saat diwawancara khusus oleh SWA di Hotel Pullman, Jl Thamrin, Jakarta, beberapa waktu lalu. Guillouet menjelaskan, di Asia, pasar besar Accor terdapat di China, India dan Indonesia. "Namun pertumbuhan Indonesia paling tinggi di antara negara Asia lainnya," tutur Guillouet.

Di antara strategi penting Accor dalam mengejar pertumbuhan, memperbanyak aliansi bisnis. Aliansi dilakukan dengan kalangan pemilik properti maupun dengan pelaku bisnis lain yang dimungkinkan melakukan kolaborasi untuk meningkatkan revenue. Salah satunya dengan Garuda Indonesia Group (Garuda Indonesia dan Citilink). Bersama Garuda Indonesia, Accor menjalin kemitraan strategis, dan mengoptimalkan kerjasama dalam melayani para pelanggan kedua perusahaan. Accor berkomitmen menyediakan akomodasi dan layanan bagi para awak dan penumpang Garuda Indonesia Group di berbagai kota-kota di Indonesia dan luar negeri yang merupakan tujuan perjalanan Garuda Indonesia.

Gerard C. Guillouet, COO Accor Asia Pasifik Gerard C. Guillouet, COO Accor Asia Pasifik

Tak hanya itu. Contoh aliansi lain, Accor juga menggandeng bank lokal terbesar; Bank Mandiri. Accor dan Bank Mandiri   sepakat melakukan sinergi bidang marketing, antara lain dengan melakukan joint promo sebagai langkah untuk memperkuat tingkat loyalitas nasabah pemegang kartu debit dan kredit Bank Mandiri, sekaligus memberi kenyamanan sistem pembayaran bagi para tamu hotel Accor. Melalui kerjasama itu, pemegang kartu debit dan kredit Bank Mandiri dapat menikmati banyak program menarik di seluruh jaringan Accor di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Termasuk mendapatkan diskon dan paket khusus bagi pemegang kartu kredit Mandiri yang ingin menginap di hotel-hotel Accor Group. Tentu saja masih banyak contoh aliansi lain baik di bidang investasi dan marketing.

Tak bisa dilupakan, pesatnya perkembangan Accor Group di Indonesia tentu tak lepas dari sosok Gerard C. Guillouet (57), eksekutif senior di jaringan perhotelan itu yang dalam beberapa tahun terakhir menjabat Chief Operating Officer Accor untuk wilayah Malaysia, Indonesia & Singapura. Sejak kepindahannya ke Indonesia, kinerja Accor bak dikerek. Guillouet mulai bergabung dengan Accor Asia sejak 1988. Awalnya ia bertugas di Thailand dan Malaysia sebelum akhirnya pindah ke Indonesia tahun 2001.

Ia berhasil membangun brand-brand Accor, dan yang tak kalah penting, meyakinkan kalangan pemilik properti besar di Indonesia untuk bekerjasama dengan Accor dalam pengelolaan hotel. Tak heran kalau perkembangan Accor di Indonesia begitu pesat karena berhasil menggandeng group- group properti yang tumbuh pesat seperti Group Agung Podomoro.

Sebagai dampaknya, semua brand hotel milik Accor untuk segmen yang berbeda-beda bisa tetap tumbuh dan ekspansi. Contohnya untuk segmen upscale, Accore bisa mempenetrasikan brand Sofitel, Pullman, MGallery, sedangkan merek-mereknya untuk segmen midscale seperti Novotel, Suite Novotel, dan Mercure juga terus tumbuh. Terlebih untuk segmen economi, dengan brand Ibis, Ibis Styles, Ibis All Seasons, dan Ibis Budget

Sentuhan sukses Gerard Guillouet di Accor Group tak lepas dari pengalamannya yang sudah malang-melintang di dunia perhotelan. Selain sudah menduduki berbagai jabatan strategis di lingkungan Accor Group, Guillouet yang mengantongi sarjana bidang ekonomi, akunting dan hukum ini juga pernah bekerja di Nikko Hotel Paris, dan Le Meridien Hotel Paris. (Sudarmadi)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)