Mantapkan Bisnis di Indonesia, Priceza Perkuat Tim Lokal

Priceza.co.id, mesin pencari produk dan pembanding harga, melakukan grand launching untuk menandai momen penting ekspansinya setelah empat tahun beroperasi di Indonesia. Hadir pada acara yang bertempat di Hotel Morrisey, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Chief Executive Officer Priceza Group Thanawat Malabuppha, Chief Product Officer Vachara Nivataphand, serta Kun Arief Cahyantoro, Pengamat Industri eCommerce dan Staf Ahli Cyber Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, & Keamanan Republik Indonesia (Polhukam).

Potensi pasar e-commerce di Indonesia memang menggiurkan. Dengan pengakses internet diperkirakan 132,7 juta pada 2017, menurut data Wearesocial, pembeli online melalui e-commerce mencapai 24,7 juta orang dengan nilai transaksi US$ 5,6 miliar dan rata-rata pembeli per orang US$ 228 dolar per tahun. Inilah yang membuat perusahaan e-commerce asal Thailand ini makin serius menggarap pasar Indonesia. Kehadiran pendiri yang juga CEO Priceza tersebut mengukuhkan hal ini. Terlebih pada tahun 2016 kunjungan ke situs ini mencapai 4,5 juta per bulan dengan total merchant yang sudah bekerja sama sekitar 200 toko dengan 39 juta produk.

“Seiring dengan pertumbuhan masyarakat kelas menengah, Indonesia siap menjadi hotspot eCommerce di Asia Tenggara, dan Priceza ingin menjadi bagian dari transformasi ini dengan menyediakan informasi produk dan perbandingan harga,” ujar Thanawat Malabuppha, CEO Priceza Group. Selama 4 tahun, database produk di Priceza telah berkembang menjadi lebih dari 110 juta produk dengan update harga yang dilakukan secara reguler, dimana dari keseluruhan database tercatat 36 persen berasal dari Indonesia. Priceza melihat, minat produk yang terdaftar di toko-toko lokal dari negara-negara tetangga terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut menunjukkan pesatnya pertumbuhan eCommerce di Indonesia dan Asia Tenggara dan semakin pentingnya belanja online lintas batas.

Ia menuturkan, selain data pertumbuhan potensi e-commerce tersebut, ia juga melihat angka penurunan yang cukup signifikan dalam penggunaan desktop oleh pembeli online yang menggunakan platform Priceza di Indonesia. “Data ini sesuai dengan peningkatan pengguna platform kami dari perangkat seluler,” imbuhnya. Priceza merupakan situs perbandingan harga yang mempunyai misi untuk memberi kemudahan dan membantu konsumen untuk memiliki keputusan belanja yang terbaik. Menurutnya Priceza, senantiasa mengutamakan transparansi dari sisi harga, toko online, promosi, diskon dan lain-lain. Dan hal ini tentunya akan menjadi efek positif terhadap ekosistem e-Commerce, karena persaingan antara para penjual akan berlangsung secara sehat, tidak hanya dari sisi harga, tapi dari layanan masing-masing penjual tersebut.

Makin maraknya toko online tentu dibutuhkan informasi akurat baik terkait harga, detil produk, jenis pengiriman juga cara bayar yang paling menguntungkan pembeli. Di sinilah Priceza hadir. Melihat hal ini, Vachara Nivataphand, CPO Priceza, mengatakan, untuk mendukung ini, selain memiliki produk dan teknologi yang kuat, pihaknya kemudian membentuk tim lokal karena sebelumnya tidak ada. “Dengan tim lokal yang kuat, kami akan terus mengupayakan peningkatan fokus utama Priceza, yaitu: SPCC (Search Product & Price Comparison, Content & Community), atau Pencarian, Produk  dan Perbandingan Harga, Konten dan Komunitas,” katanya.

Untuk membantu pembeli online berbelanja dengan cerdas, selain info perbandingan harga, platform Priceza juga menyediakan info pilihan cara pembayaran dan pilihan pengiriman yang tentunya sangat bermanfaat bagi para pembeli online ketika menentukan pilihan terbaik. Selain itu, Priceza juga berupaya membantu menyediakan berbagai informasi pendukung lainnya seperti ulasan dan ranking produk, ulasan toko, panduan belanja, tips dari penulis Priceza, dan banyak lagi lainnya.

Yang paling utama di platform Priceza adalah, harga, penawaran, stok produk, dan promo diskon, diperbaharui setiap harinya. Jadi, bagi konsumen yang ingin mencari dan berencana membeli produk cukup mengakses Priceza.co.id untuk mendapatkan informasi terlengkap dan terbaru mengenai data produk, harga terbaru, ulasan, serta promo diskon yang diberikan oleh berbagai toko online.

Menurut laporan KPMG, selain harga (57 persen), ada banyak faktor lain yang mempengaruhi keputusan belanja dari konsumen, seperti: pilihan pengiriman (43 persen), kemudahan pengembalian barang (40 persen), cara pembayaran (34 persen), dapat melihat stok barang (33 persen), informasi mengenai produk termasuk bahan-bahan pembuatannya, serta asal barang (26 persen), dan lainnya. Selain itu, konsumen tentu berharap untuk mendapatkan informasi lengkap dan membandingkan harga dengan mudah tanpa harus berpindah-pindah platform. Oleh karena itu, Priceza optimis layanan ini akan dapat diterima baik oleh para pembeli online dan Priceza berkomitmen akan terus mengembangkan fitur-fitur lainnya, sebagai solusi cerdas bagi konsumen dalam berbelanja online.

“Ke depan, seperti salah satu pilar yang menjadi fokus utama kami yaitu community. Kami tidak hanya akan fokus membantu proses belanja online, tapi juga ingin hadir sebagai komunitas yang akan menjadi sarana sharing knowledge, dengan lebih banyak mengadakan kegiatan rutin seperti eCommerce talk, blogger meet-up dan lain sebagainya,” papar Reni Minarti, Country Manager Priceza Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)