Manufaktur Cina Anjlok, Cerminan Perlambatan Ekonomi Dunia

Sektor manufaktur Cina semakin memburuk. Negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu mencatat pada Agustus 2012, indeks aktivitas manufaktur jatuh ke 47,6 pada skala 100 poin, turun dari Juli sebesar 49,3. Ini adalah pencapaian terendah sejak Maret 2009.

Berdasarkan data yang dirilis HSBC, Senin (3/9), hasil akhir menunjukkan indeks aktivitas manufaktur (PMI), salah satu indikator utama ekonomi Cina, menunjukkan revisi turun dari data awal 47,8 dan turun tajam dari 49,3 pada Juli. Pencapaian di bawah 50 berarti ada kontraksi dalam aktivitas keseluruhan.

Sebuah versi resmi dari PMI Cina, yang dirilis Sabtu (1/9) kemarin, jatuh ke sembilan bulan rendah di 49,2 dibandingkan 50,1 pada Juli. PMI resmi, yang diterbitkan China Federation of Logistics & Purchasing dan BPS Cina, di bawah ekspektasi untuk angka netral 50,0, menurut jajak pendapat Dow Jones Newswires dan Reuters.

Para ekonom mengatakan, kedua data tersebut baik data yang dirilis HSBC maupun versi resmi Cina, mengonfirmasi sektor manufaktur Cina masih menghadapi tekanan. Permintaan ekspor merosot, cerminan efek perlambatan ekonomi dunia. Banyak pihak sempat berharap ekonomi Cina, yang melambat sejak awal tahun, bisa rebound di kuartal ketiga. Tapi data di atas mengindikasikan perlambatan yang lebih serius. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)