Masuki Usia 65 Tahun, Danamon Tumbuh Lewat Kolaborasi

Yasushi Itagaki, Direktur Utama Danamon dalam acara 65 Years of Dedication and Growth through Collaborations for
Indonesia.

Memperingati perjalanan 65 tahun PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang jatuh pada pada 16 Juli 2021, manajemen bank swasta itu menyadari begitu pentingnya aksi dari seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berkolaborasi dalam menghadapi masa yang sulit ini.

Berdiri sejak tahun 1956, Danamon terus memberikan inovasi dengan meluncurkan program-program yang menarik bagi nasabah. Salah satunya dengan meluncurkan Danamon Simpan Pinjam pada tahun 2004 seiring dengan proses akuisisi dengan Adira Finance. Pada 2019 Danamon secara resmi menjadi anggota dari MUFG Bank, Ltd di mana investasi MUFG di Danamon akan memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah dan franchise Danamon, serta mendukung bank untuk terus bertumbuh. Area kolaborasi dan sinergi tersebut meliputi pembiayaan untuk rantai pasok otomotif, perbankan ritel, inovasi digital dan kemampuan manajemen risiko.

Tahun 2020, seiring dengan peluncuran Danamon Optimal untuk memberikan solusi finansial bagi nasabah pada segmen upwardly mobile, Danamon berhasil meraih penghargaan Asia Trailblazer Award oleh Retail Banker International (RBI) dengan predikat Highly Recommended untuk kategori Best Digital Banking Initiative berkat alih pengetahuan dan teknologi dari MUFG.

Yasushi Itagaki, Direktur Utama Danamon mengatakan bahwa 65 tahun bukanlah proses yang singkat bagi. “Kami bersyukur atas semua pencapaian Danamon yang kini menjadi anggota dari MUFG dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meski tahun 2020 dan awal tahun ini, kita dihadapkan pada banyak tantangan seperti kondisi ekonomi tidak menentu dan situasi yang sulit akibat pandemi, Danamon tetap dapat mengukir berbagai pencapaian,” katanya dalam acara virtual berjudul “65 Years of Dedication & Growth Through Collaborations for Indonesia”.

Menurut Itagaki, kesuksesan Danamon tidak mungkin terjadi tanpa kerja keras dan dedikasi karyawan, mitra usaha, para nasabah dan seluruh pemangku kepentingan yang telah berkontribusi membawa Danamon menjadi salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia. “Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua tentunya yang menjadi motivasi bagi Danamon untuk terus hadir memberikan pelayanan dan kinerja yang lebih baik. Walaupun masih dalam masa pandemi covid-19, kami ingin mengajak setiap lapisan masyarakat untuk optimis menatap kedepan, bersatu dan berkolaborasi dalam menghadapi masa krisis ini,” tambahnya.

Selama pandemi serangkaian kegiatan diluncurkan untuk mendukung masyarakat Indonesia seperti  gerakan kampanye “Positivity Saves Lives” di mana kampanye ini mengajak masyarakat untuk membagikan video kepada kerabat guna menyebarkan semangat positif. Setiap satu video yang dibagikan, Danamon mendonasikan 1 Alat Pelindung Diri (APD) kepada rumah sakit dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang disalurkan oleh Indonesia Kuat, sebuah LSM yang didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).Total donasi ada lebih dari 11.000 APD.

Danamon juga telah mendonasikan lebih dari Rp 1 miliar melalui Benih Baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok mitra pengemudi penyedia transportasi daring Grab, menyediakan asuransi bagi 10.000 relawan covid-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan BP Jamsostek, serta distribusi sembako dan APD di sejumlah wilayah di Indonesia melalui jaringan kantor wilayah dan cabang Bank Danamon.

Tahun 2021 juga menjadi peringatan dua tahun penyelesaian investasi strategis MUFG di Bank Danamon. Bersama MUFG, Bank Danamon telah mampu melewati masa penuh tantangan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19. Bank Danamon Bersama MUFG dan Adira Finance pada 23 Juni - 2 Juli lalu mengadakan sentra vaksinasi dengan menyalurkan 12.500 dosis vaksin yang ditargetkan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), masyarakat transportasi, pengemudi transportasi daring, masyarakat rentan, serta karyawan lini terdepan yang menghadapi nasabah dari ketiga lembaga jasa keuangan tersebut.

Selama masa pandemi, Danamon memastikan nasabah dapat terus menikmati layanan perbankan, melalui kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan kapan saja dan dimana saja. Nasabah memiliki pilihan menggunakan layanan perbankan elektronik dan digital untuk kebutuhan dan kenyamanan bertransaksi seperti D-Bank, Danamon Online Banking, SMS Banking dan ATM.

Bersama dengan mitra strategis terkait, Danamon sedang menggagas pendirian Rumah Sakit Darurat untuk membantu meringankan beban fasilitas kesehatan. Sebagai bagian dari HUT ke-65, Danamon berkomitmen dalam semangat kesejahteraan melalui Aksi Danamon Peduli, di antaranya mendukung pergerakan ekonomi melalui program Aksi Pasar Sehat dan Tangguh, serta mengadakan Aksi Air & Sanitasi Untuk Nusantara yang berupa program fasilitas sanitasi dan sumber air bersih untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah yang membutuhkan.

Editor : Eva Maratha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)