Meningkatkan Produktivitas Karyawan Saat Ramadan dengan HRIS

Belakangan ini kasus positif COVID-19 klaster perkantoran di Jakarta mengalami peningkatan. Perlu diingat bahwa program vaksinasi dari pemerintah sudah berjalan dari bulan Januari dan vaksinasi mandiri juga telah diberikan lampu hijau oleh pemerintah sejak awal bulan Maret.

Namun, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertrans) DKI Jakarta Andri Yansyah, euforia vaksinasi kemungkinan menjadi penyebab peningkatan kasus positif di klaster perkantoran. Pada akhirnya, pihak-pihak yang telah di vaksin menjadi lalai mengikuti protokol kesehatan dan membuat perusahaan harus terus beradaptasi dengan metode bekerja seperti WFH dan model kerja hybrid.

Kombinasi semua faktor di atas dapat membuat karyawan yang sudah lesu karena sedang menjalankan puasa menjadi paranoid juga. Hal ini sangat mungkin menurunkan produktivitas. Tentunya, hal ini akan membuat profitabilitas perusahaan menurun dan dapat membuat perusahaan, khususnya pihak HRD, pusing memutar otak untuk kembali meningkatkan produktivitas karyawan.

Agar dapat mengelola kinerja karyawan dengan lebih baik, sebaiknya perusahaan menggunakan aplikasi pendukung. GreatDay HR sebagai Human Resource Information System (HRIS) dengan berbagai fitur canggih memberikan solusi. “HRIS merupakan software yang berguna untuk mengelola semua kegiatan yang berkaitan dengan SDM melalui satu aplikasi terintegrasi,” jelas Gordon Enns, Pendiri dan CEO GreatDay HR.

Sebagai pionir aplikasi ponsel HR dan berpengalaman lebih dari 20 tahun mengembangkan serta menyelesaikan berbagai masalah di bidang HR, GreatDay HR memiliki bermacam-macam fitur yang dapat memastikan karyawan tetap produktif di masa yang tak menentu ini.

Hal paling pertama yang wajib dilakukan oleh seorang karyawan sebelum mereka mulai bekerja adalah merekam kehadiran. Namun, hal ini dapat menjadi sulit untuk dilakukan apabila perusahaan masih bergantung pada mesin fingerprint atau dengan tanda tangan pada lembar kehadiran. Kesulitan dilakukannya hal tersebut karena tidak semua karyawan akan berada di dalam kantor dan juga kemungkinan tertular COVID-19 yang besar karena memerlukan kontak langsung dengan mesin fingerprint.

“Dengan GreatDay HR, karyawan dapat merekam kehadiran secara online tanpa bersentuhan dengan perangkat apapun kecuali smartphone  mereka masing-masing. Cukup dengan sekali selfie, wajah karyawan akan dipindai dengan teknologi pemindai wajah dan akan memberikan penanda lokasi yang akurat berkat teknologi Geo Tagging. Kedua hal ini memastikan perusahaan akan mendapatkan data absensi yang paling akurat,” ungkapnya.

Fitur pengelolaan kinerja merupakan salah satu solusi utama yang ditawarkan oleh GreatDay HR bagi perusahaan yang khawatir produktivitas karyawan menurun karena bulan puasa yang dilanda COVID-19 ini. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memantau perkembangan performa karyawan berdasarkan target atau Key Performance Indicators (KPI) yang ditetapkan di awal. Perusahaan dapat mengakses fitur ini kapan saja dan dapat langsung memberikan komentar terhadap kinerja karyawan tepat saat dibutuhkan. Selain itu, perusahaan juga dapat memberikan serta mendelegasikan tugas langsung melalui aplikasi GreatDay HR. Hal ini memberikan perusahaan kendali lebih terhadap produktivitas karyawan dan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kerja.

Jika perusahaan membutuhkan bukti secara fisik bahwa karyawan memang bekerja seperti seharusnya, mereka dapat menggunakan fitur rekaman aktivitas. Atasan dapat memberikan tugas kepada karyawan pada lokasi tertentu dan dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Untuk memberikan bukti bahwa karyawan memang melaksanakan tugasnya, mereka dapat mengambil foto, memberikan deskripsi mengenai pekerjaan yang telah mereka laksanakan dan mengunggahnya ke dalam aplikasi GreatDay HR. Fitur Geo Tagging yang otomatis tersematkan akan membuat data rekaman aktivitas lengkap dengan data lokasi dan menunjukkan bahwa mereka benar-benar bekerja pada lokasi yang tepat.

Semakin terlibatnya seorang karyawan dalam perusahaannya, semakin meningkat produktivitas mereka. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa karyawan dapat menjadi lebih produktif hingga 55% ketika memiliki hubungan personal dengan perusahaannya. GreatDay HR memahami ini dan itulah mengapa fitur media sosial internal dikembangkan.

Terdapat berbagai fungsi yang dapat digunakan pada fitur ini untuk meningkatkan keterlibatan karyawan. Contohnya adalah fungsi chat yang dapat memudahkan komunikasi dan interaksi antar karyawan dan perusahaan. Semua anggota perusahaan juga dapat membagikan momen-momen bahagia serta prestasi yang telah mereka capai melalui status update yang akan muncul dalam feed perusahaan.

Selain itu, hal yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan adalah menerima gaji pada waktunya, dengan jumlah yang tepat. Pada bulan puasa, hal tersebut semakin terasa karena adanya THR yang dapat diperoleh karyawan. Namun, kemungkinan kesalahan pada perhitungan THR secara manual selalu ada, terutama jika perusahaan memiliki jumlah karyawan yang banyak. Dengan GreatDay HR, semua perhitungan gaji pokok karyawan, THR, dan tunjangan-tunjangan lainnya dilakukan secara otomatis dan dikirim tepat pada waktunya. Sistem penggajian GreatDay HR juga dilengkapi oleh pemotongan PPh 21, BPJS, dan berbagai peraturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)