Meski Inflasi Tinggi, Total Pengumpulan Zakat Diperkirakan Tetap Naik

Meski inflasi diperkirakan meningkat pada bulan ini, lembaga zakat terbesar di Indonesia, Dompet Dhuafa, menargetkan penghimpunan zakat, infak, sedekah dan wakaf mencapai lebih dari Rp 80 miliar, atau naik 23% dibanding realisasi Ramadhan tahun lalu yang sebesar Rp 65 miliar.

Proyeksi ini berdasarkan tren setiap tahunnya di mana penghimpunan zakat terus meningkat setiap Ramadhan.

Direktur Komunikasi dan Hubungan Eksternal Dompet Dhuafa, Nana Mintarti, mengatakan, pengaruh kenaikan harga BBM yang diikuti kenaikan harga kebutuhan pokok, kemungkinan akan menambah jumlah orang miskin di Indonesia. Meski begitu, kondisi ini tidak akan berdampak pada penurunan pembayaran zakat.

"Dari tahun  ke tahun penghimpunan zakat terus mengalami peningkatan. Bahkan ketika krisis ekonomi 1998 lalu, perolehan zakat Dompet Dhuafa meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Ternyata di tengah kesulitan hidup yang melanda negeri ini, justru sekelompok masyarakat mampu hatinya semakin tergerak untuk melakukan donasi," kata Nana.

Sebagai catatan, sejak berdiri tahun 1993, Dompet Dhuafa per tahunnya rata-rata mampu menghimpun zakat sebesar 182 miliar, atau berkontribusi 10-15% terhadap total penghimpunan zakat di seluruh Indonesia melalui lembaga resmi. “Sepanjang tahun 2013 ini kami berharap mampu menghimpun lebih dari Rp 240 miliar,” tambah Nana.

Nana menjelaskan, saat ini Dompet Dhuafa telah membuka cabang, perwakilan dan program di hampir seluruh provinsi di Indonesia, serta membuka cabang di Jepang, Australia, Hongkong dan Amerika Serikat. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)