Mewujudkan Tangerang sebagai Kota Layak Investasi

Haji Arief Rachadiono Wismansyah BSc, Mkes. dikenal sebagai birokrat dan pengusaha sukses. Pria kelahiran Tangerang, 23 April 1977 ini sekarang menjabat sebagai Walikota Tangerang dan pernah menjadi Wakil Walikota Tangerang periode 2008-2013. Kala itu Arief diusung oleh Partai Demokrat menjadi wakil dari Wahidin Halim yang menjabat Walikota Tangerang.

Sebagai pengusaha, Arief adalah pemilik Rumah Sakit Sari Asih Group. Dia mengikuti jejak bisnis kedua orang tuanya H. Marsudi Haryoputro dan Siti Rochayah dari Kebumen, Jawa Tengah.

Latar belakang pendidikan Arief sempat kuliah di Amerika Serikat dan merintis usaha kecil-kecilan di AS. Lalu, dia pulang ke Indonesia dan bergabung dengan bisnis orang tuanya. Apa saja yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang untuk memacu pertumbuhan bisnis? Walikota Tangerang ini memaparkannya kepada Gustyanita Pratiwi dari SWA Online:

H.Arief Wismansyah, Walikota Tangerang H.Arief Wismansyah, Walikota Tangerang

Apa potensi bisnis Kota Tangerang?

Kalau bicara teori bisnis, itu kan dalam menentukan bisnis, salah satu yang sangat penting adalah posisi, posisi, dan posisi or location, location, location. Either one sama saja. Kalau kita bandingkan apple to apple dengan berbagai kota besar di seluruh Indonesia, Kota Tangerang itu memiliki akses yang sangat strategis. Karena Kota Tangerang adalah satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki bandara terbesar, bahkan nomor 10 tersibuk di dunia.

Jadi kami menjadikan Kota Tangerang ini ke depannya adalah sebagai gateway for Indonesia from the world. Artinya, orang punya bisnis di Jakarta, sekarang kalau dari bandara ke Kuningan, let’s say during peak hour, jam kerja, itu mungkin bisa 2-3 jam. Terus ke Sudirman sekitar 1,5-2 jam. Nah, itu saya bertemu dengan beberapa investor, mereka ngeluh. Pak Arief, kenapa sih kalau ke Jakarta dari bandara macet? Macetnya di mana? Ya di pintu tol Kamal, Grogol, terus sampai Slipi, Senayan, nanti Semanggi ke sono dikit macet lagi yang mau ke Kuningan. Ya saya bilang, yang bapak ibu gambarkan itu semuanya wilayah Jakarta.

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)