Mimpi SMI Jadi Rumah Kedua

Rumah kedua, apalagi kalau bukan suasana kantor yang nyaman dan kondusif. Inilah dambaan seluruh karyawan saat meninggalkan rumah menuju tempat kerja. Perusahaan pun berlomba-lomba memberi insentif agar karyawannya semangat bekerja. Hati tenang, kerjaan lancar, produktivitas pun terangkat.

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI punya strategi jitu untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif. Direktur Utama SMI Emma Sri Martini menilai kenyamanan bekerja tak melulu hanya berupa gaji dan bonus yang besar.

Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero),  Emma Sri Martini sedang melihat perlombaan panco antarkaryawan. Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), Emma Sri Martini sedang melihat perlombaan panco antarkaryawan.

Ada hal lain yang jauh lebih penting, seperti visi dan misi perusahaan, corporate value perusahaan, lingkungan kerja yang hangat, fasilitas lengkap. program pengembangan pegawai, hingga apresiasi atas keberhasilan karyawan.

“Berbagai kegiatan karyawan sebagai life balance seperti olahraga seperti lari, futsal, bersepeda, golf, yoga, zumba, band, dan acara keagamaan juga penting. Harapannya, engagement karyawan bisa tercapai,” katanya.

Menurut dia, manajemen secara teratur dan kontinu terus memberi arahan atas kejelasan arah gerak perusahaan agar karyawan paham. Sehingga, seluruh roda perusahaan bisa bergerak dengan optimal seiring kesamaan visi dan misi. Bagaimana cara?

Pertama, melalui Town Hall Meeting setiap triwulan. Ini adalah kesempatan direksi memberi arahan atas Rencana Jangka Panjang Perusahaan dan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan.

Ada juga Wildly Important Goal (WIG) Meeting yang digelar setiap Senin pagi. Peserta rapat adalah direksi dan seluruh kepala divisi, membahas pencapaian target melalui dashboard korporasi agar senantiasa sesuai dengan RKAP.

Pada pertemuan ini, Direksi dan Kepala Divisi melakukan strategizing terkait upaya-upaya pencapaian target, termasuk mendiskusikan kendala-kendala dan issue-issue lain yang perlu diketahui bersama.

“Informasi dari WIG Meeting untuk selanjutnya disampaikan kepada karyawan melalui Morning Briefing yang digelar dua kali dalam sepekan, Selasa dan Kamis, di level divisi dan diikuti seluruh karyawan,” kata Emma.

Perseroan juga punya program promosi untuk karyawan yang berprestasi. Ada juga tambahan kemudahan mengikuti program training keluar negeri atau turut serta dalam penugasan keluar negeri. “Performance karyawan akan dilakukan

Tak kalah penting, SMI juga punya kesempatan mengembangkan kemampuannya dengan mengikuti beragam pelatihan baik di kelas publik maupun inhouse, seminar, workshop dan lainnya, baik di dalam maupun luar negeri.

“Kami juga menggelar knowledge sharing dalam bentuk kelas kecil yang sifatnya informal, misalnya sambil ngopi bareng. Karyawan bisa menyusun rencana pelatihan yang kemudian dievaluasi Divisi SDM,” katanya. (Reportase: Raden Dibi Irnawan)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)