Modalku Telah Salurkan Rp 5 Triliun di Asia Tenggara

Sejak didirikan pada Januari 2016, Perusahaan Peer-to-Peer (P2) Lending Modalku telah mencairkan modal usaha sebesar Rp 5,2 triliun untuk UMKM di Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya  mengungkapkan cepatnya pertumbuhan di Asia Tenggara ini sejalan dengan visi Modalku, yaitu memajukan perekonomian dengan memberdayakan UMKM lokal. Karena dengan adanya akses modal usaha bagi UMKM yang berpotensi akan mendorong pertumbuhan bisnis lokal dan selanjutnya memajukan makroekonomi.

"Kami ingin supaya ke depannya inklusi keuangan dapat tercapai, di mana semua orang memiliki akses ke layanan finansial dan tergabung dalam sistem keuangan formal. Cara Modalku adalah berkontribusi melalui penyediaan modal usaha ke segmen UMKM yang selama ini underserved atau kurang terlayani oleh institusi konvensional," jelasnya.

Adapun saat ini Modalku telah mencairkan lebih dari 350.000 pinjaman di Asia Tenggara dengan tingkat default (gagal bayar) tergolong rendah yaitu 0,76%. Menurutnya, ini menunjukkan bahwa meskipun angka pencairan meningkat pesat, pertumbuhan Modalku dilakukan secara sehat. "Dimulai tahun 2019, Modalku aktif melayani segmen pedagang mikro yang memiliki kebutuhan signifikan akan pinjaman tanpa agunan," tuturnya.

Fajar Adiwidodo, selaku VP of Product Modalku menjelaskan bahwa misi Modalku yakni membantu jutaan UMKM yang ada di Indonesia untuk mengembangkan usahanya. Pasalnya, sektor UMKM berdampak besar bagi perekonomian Indonesia.

Data terbaru Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan bahwa UMKM Indonesia berkontribusi atas 60% dari PDB negara. Saat bicara soal UMKM, pedagang mikro dan warung tak bisa lepas dari diskusi. Mereka membentuk jumlah signifikan dari usaha lokal. Karena itu, Modalku semakin fokus menyalurkan pinjaman modal usaha tanpa agunan bagi pedagang mikro dan warung.

Dimulai tahun ini, Modalku memperluas cakupan pembiayaan ke segmen mikro. Sesuai kebutuhan segmen, layanan mikro Modalku dibuat tanpa agunan, cepat, dan mudah. Struktur pinjaman pun memungkinkan angsuran mingguan dengan bunga terjangkau, agar peminjam dapat menjalankan tujuannya mengembangkan usaha. Jumlah pinjaman dimulai dari Rp 3 juta, dengan jangka waktu pinjaman hingga 1 tahun.

Untuk diketahui, Modalku menyediakan layanan Peer-to-Peer (P2P) Lending, di mana peminjam (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pemberi pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital. Di tahun 2018, Modalku menerima pendanaan seri B sebesar Rp 350 miliar dalam ronde investasi yang dipimpin SoftBank Ventures Asia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)