ModestFFFund Dukung Industri Fesyen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat fesyen sebagai subsektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 18,01% atau setara dengan Rp166 triliun pada tahun 2016.

Oleh karena ini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Program Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFund). Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan ekosistem modest fesyen dan memaksimalkan potensi Indonesia untuk menjadi kiblat modest fesyen dunia.

Program ini merupakan akselerasi untuk pelaku usaha modest fashion di Indonesia dalam hal permodalan dari perbankan syariah yang telah berlangsung sejak bulan Mei 2019.  Melalui program ini, Bekraf berhasil menjaring sekitar 400 pendaftar dari seluruh wilayah di Indonesia dan memilih 100 brand/desainer terbaik untuk mengikuti proses interview dan seleksi di Jakarta pada awal Juli 2019.

Proses seleksi dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari modest fashion expert, perwakilan perbankan syariah dan Bekraf. Melalui seleksi tersebut kemudian dipilih 20 desainer terbaik yang lolos untuk mengikuti workshop pada 9 sampai13 Juli yang lalu.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, menyampaikan bahwa Program ModestFFFund ini merupakan salah satu upaya Bekraf dalam mengembangkan ekosistem modest fashion di tanah air. Para desainer ini diseleksi dengan ketat.

"Kami juga dibekali ilmu untuk mengembangkan usaha serta dipertemukan dengan pihak perbankan syariah untuk memperoleh dukungan pembiayaan usaha," jelasnya.

Dalam melaksanakan program ini, Bekraf bekerja sama dengan expert modest fashion, Franka Soeria,Co-founder Modest Fashion Weeks dan Markamarie.com, yang berpengalaman dalam mengembangkan industri modest fashion tingkat global melalui beragam kegiatan modest fashion yang digagasnya. Desainer peserta Modest Fashion Founders Fund mendapat bimbingan langsung dari beliau dalam mengembangkan bisnis dan baik di pasar lokal maupun global.

Sebagai hasil dari Program Modest Fashion Founders Fund 2019 ini, BRI Syariah mengucurkan pembiayaan KUR Syariah sebesar Rp75 juta kepada Swimsweets, salah satu brand dari 20 Desainer program Modest Fashion Founders Fund. Sementara itu, beberapa Brand lainnya masih dalam proses pengajuan untuk mendapat dukungan dari perbankan syariah lainnya yang mendukung terselenggaranya program ini. Perbankan syariah yang ikut mendukung Bekraf dalam kegiatan ini yaitu Bank Muamalat, Bank Negara Indonesia Syariah, Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Syariah Mandiri, BTPN Syariah, dan Maybank Syariah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www,swa.co.id

Tags:
ModestFFFund

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)