Moody’s: Prospek Ekonomi Jerman Negatif

Lembaga rating Moody's, menurunkan penilaiannya pada ekonomi Jerman dan bersiap menurunkan peringkat kredit bagi pasar terbesar dan paling penting di Eropa itu.

Prospek ekonomi Jerman dikatakan menurun, dari “stabil” menjadi "negatif". Ini merupakan peringatan keras bahwa tidak ada ekonomi yang kebal dari krisis zona Euro. Sinyal yang sama juga berlaku bagi Belanda dan Luxemberg.

Moody's mengatakan bahwa tiga negara berperingkat AAA itu menghadapi risiko dari meningkatnya prospek Yunani meninggalkan zona Euro dan dari kemungkinan kebutuhan untuk menyelamatkan Spanyol dan Italia. "Tingkat ketidakpastian tentang prospek kawasan Euro, dan dampak potensial dari skenario yang masuk akal di negara anggota, tidak lagi konsisten dengan prospek stabil," kata sebuah laporan Moody’s seperti diberitakan AFP.

Lembaga pemeringkat menunjuk sebuah "respons kebijakan reaktif dan gradual" oleh para pemimpin Eropa sebagai salah satu penyebab berlanjutnya kekhawatiran. Tetapi, sekalipun jika Yunani bertahan, Moody's memperingatkan bahwa negara-negara kaya kemungkinan akan menanggung beban lebih ke depan, termasuk kemungkinan dana talangan anggota zona Euro besar. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

1 thought on “Moody’s: Prospek Ekonomi Jerman Negatif”

wah, kasihan tuh jerman..
by Mahfud, 06 Aug 2012, 04:46

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)