Motor Matik Populer, AHM Bidik Anak Muda

Margono Tanuwijaya memulai karier di Astra dengan bergabung di Astra Credit Company setelah menyelesaikan kuliahnya di jurusan Biologi Universitas Sudirman tahun 1980. Selain itu, ia pernah bergabung di Honda Sales Operation dan kini memperkuat Astra Honda Motor.

Setelah ditunjuk menjadi Direktur Pemasaran di Astra Honda Motor (AHM) 2012 lalu, Margono banyak menargetkan perkembangan bagi AHM. Sebagai 'juru masak' AHM, dia secara aktif mengikuti tren otomotif, terutama sepeda motor untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Contohnya saat ini, melihat semakin banyaknya populasi pengguna Honda yang merupakan generasi muda di bawah 30 tahun, AHM meluncurkan New Honda Beat pop dengan desain yang unik.

Bicara mengenai bisnis 2016 nanti, pria asal Ponorogo ini merasakan sinyal postif yang nantinya akan berpengaruh terhadap penjualan Honda. Optimisme tersebut disebabkan oleh adanya harapan setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan berupa paket, yang akan berdampak secara tidak langsung kepada daya beli masyarakat dan industri otomotif ke depannya. Betikut kutipan wawancara dengan Margono:

direktur-pemasaran-ahm-margono-tanuwijaya-201506261031008669

Menyikapi harga minyak bumi yang mengalami penurunan, apakah akan ada pengaruhnya terhadap Honda?

Harga minyak bumi/ bensin naik berpengaruh pada harga transportasi, karena kadang kadeng begini, harga bensin naik, harga transportasi ikut naik. Tapi ketika harga bensin turun, harga transportasi tidak selalu ikut turun. Itulah sebabnya kenapa kalau garga bensin naik harga produksi sepeda motor ikut naik. Membuat daya beli ikut terkoreksi karena harga pokok produksi naik. Tapi tentu saja perlu dikoreksi lagi, karena harga pokok tidak semata mata jatuh pada transportasi saja. Tapi bisa ke supply dan demandnya. Contoh, ketika manufaktur butuh bahan baku dengan jumlah tinggi, namun karena cuaca produksinya sedikit, itu tentunya akan mempengaruhi.

Dari sisi produksi, langkah apa saja yang akan dilakukan oleh Honda mengingat tahun kemarin pasar otomotif sedang turun?

Kami melakukan distribusi dan produksi sesuai dengan kebutuhan pasar karena kami selalu menjaga jangan sampai over supply, atau short supply. Jadi kalau memang pasarnya seperti apa, kami sesuaikan. Apalagi kalau kondisinya seperti ini, stagnan. Kalau kebutuhan 69% ya kami produksi sejumlah itu juga.

Secara proporsi, bagaimana perkembangan tren sepeda motor saat ini?

Halaman Selanjutnya
Yang terbesar tentu saja matik...
Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)