Nilai-nilai Kebersamaan Penting bagi Iklim Investasi

Pemerintah terus berupaya merajut kebhinekaan yang ada dengan menggelar forum kebangsaan. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong besok (26/01) dijadwalkan menjadi salah satu panelis dalam dialog bersama dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Menteri Dalam Negeri. Acara yang dilaksanakan bekerjasama dengan Persatuan Solidaritas Masyarakat Tionghoa Indonesia (PSMTI) tersebut berupaya untuk kembali mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang selama ini merekatkan bangsa.

Thomas Lembong, Kepala BKPM

Thomas mengatakan, pihaknya mengapresiasi positif pihak penyelenggara kegiatan yakni Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan serta PSMTI. “Saya rasa nilai-nilai kebersamaan dalam keberagaman yang ada di masyarakat harus terus dipupuk. Hal ini merupakan salah satu elemen mendasar yang penting sebagai bagian untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif,” ujarnya dalam keterangan resminya kepada media massa, Rabu (25/1).

Kegiatan forum kebangsaan tersebut mengangkat tema “Meningkatkan Kepedulian Sosial dan Peran Serta Masyarakat Guna Memperteguh Kebhinekaan Dalam Rangka Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Dalam kegiatan tersebut, rencananya hadir segenap komponen bangsa termasuk diantaranya budayawan, olahragawan, maupun elemen masyarakat lainnya.

Menurut Thomas, capaian kesejahteraan bangsa akan semakin bermakna apabila nilai-nilai kebersamaan dalam masyarakat terawat dan terpelihara dengan baik. “Demikian sebaliknya, akan sia-sia capaian pertumbuhan ekonomi maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat apabila masyarakat jauh dari nilai-nilai kebersamaan,” ungkapnya.

Sementara Deputi VI Kesbang Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Arief Mukiyat menambahkan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam Ratas bahwa tahun 2017 salah satu perhatian utama pemerintah adalah menghadirkan pemerataan pembangunan. “Forum kebangsaan ini mencoba mewadahi berbagai pihak yang ingin berkontribusi pemikiran kepada bangsa,” jelasnya.

Lebih lanjut Arief menambahkan bahwa harapannya forum kebangsaan yang diselenggarakan bersama Kemenko Politik, Hukum dan Keamanan serta PSMTI tersebut dapat mendorong berbagai masyarakat terutama masyarakat Tionghoa untuk semakin mempererat kebersamaan di tengah realitas kebhinekaan yang ada.

 

 

Editor: Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)