OJK: Kondisi Keuangan dan Perbankan Indonesia Cukup Stabil

Kondisi keuangan Indonesia masih dipandang baik dan cukup stabil oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terkait kinerja perbankan, hingga Agustus 2014 juga masih terlihat stabil. Walaupun kondisi likuiditas relatif ketat, ketahanan likuiditas perbankan dilihat dari perkembangan transaksi PUAB masih terjaga baik tercermin dari suku bunga yang masih relative merata dan stabil baik berdasarkan BUKU maupun Kepemilikan.

OJK

“Dari sisi pencapaian rencana bisnis, hingga Juni 2014 ekspansi usaha bank bertumbuh sebesar 4,35%year-to-date (ytd) sementara jumlah pertumbuhan kredit (ytd) mencapai 5,11% atau sebesat 17,33% (yoy),” tutur Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner OJK dalam sambutan di acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2014.

Selain itu, tingkat permodalan perbankan juga dinilai menunujukkan perkembangan yang cukup baik untuk mendukung rencana ekspansi sekaligus buffer risiko. Jika dilihat per-Juni 2014, CAR Bank secara industry masih cukup titnggi yaitu sebesar 19,51%. Angka ini meningkat jika dibandingkan posisi Desember 2013 yang tercatat sebesar 18,59%.
Rasio modal inti (Tier I) pada periode tersebut masing-masing sebesar 17,79%, dan 16,83%. Tingkat rasio kredit bermasalah (NPL) gross juga masih terhitung rendah, rata-rata sebesar 1,9%. Muliaman juga mencatat pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sampai Juni 2014 ada di angka 4,44% (ytd) atau sebesar 13,46% (yoy).

Rasio LDR juga masih terjaga pada angka 90,25% atau bertumbuh 0,55% (ytd). Pertumbuhan yang dicapai ini masih dinilai dalam batas yang masih bisa ditolerir sesuai dengan kemampuan dan target setiap bank dan juga rencana target nasional.

“Meskipun pertumbuhan bisnis perbankan bergerak cukup lambat, hal ini cukup dimaklumi mengingat berbagai tantangan faktor eksternal dan konsolidasi internal untuk menjaga ketahanan perbankan, yang cukup mempengaruhi kinerja usaha perbankan nasional,” tutupnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)