OJK Minta Saham Freeport Ada yang untuk Investor Lokal

Rencana PT Freeport Indonesia mendivestasikan 10,46 persen sahamnya di Indonesia disambut oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Kalau ada perusahaan besar masuk pasar modal Indonesia, tentu akan meningkatkan market sangat signifikan," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida di Hotel Mulia Jakarta, Senin, 19 Oktober 2015.

bursa_efek_indonesia

Menurut Nurhaida, secara umum, perusahaan yang listing di bursa, manfaatnya sangat besar terhadap Indonesia. Selain itu, dengan menjadi perusahaan yang terbuka, kinerja Freeport bisa dipantau oleh OJK. "Mereka akan menyadari bahwa banyak yang akan mengawasi mereka sehingga governance mereka akan semakin bagus."

 

 

Terkait dengan belum adanya peraturan yang memungkinkan Freeport untuk divestasi saham di Indonesia melalui pasar modal, Nurhaida mengatakan akan menelaah lagi. Sebab, jika Freeport divestasi melalui pasar modal, keuntungan yang diperoleh akan semakin tinggi dan menyeluruh.

Namun, jika Freeport listing di bursa saham, tidak menutup kemungkinan pembeli saham berasal dari investor asing. Untuk mencegah hal tersebut, Freeport diimbau agar ada penjatahan untuk investor lokal.

"Tergantung kebijakan penjatahannya. Ini kan perusahaan bagus, kalau bisa di share lebih banyak untuk investor lokal," ucapnya.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)