Operasional PLTU Sluke Tak Terganggu

Insiden yang menimpa PLTU Sluke berhasil dikendalikan. Sehingga, tak sampai terjadi pemadaman di wilayah Rembang atau bahkan Pulau Jawa secara keseluruhan. Peran PLTU ini sangat signifikan di sistem Kelistrikan Jawa-Bali.

“PLTU Sluke yang berukuran 2x315 MW ini kerap diminta untuk men-supply full-load, sehingga kesiapan operasi PLTU Sluke menjadi hal yang sangat penting dan prioritas bagi kami,” ujar Yudhy Bhagaskara, GM PLTU Sluke dalam rilisnya.

Sesuai prosedur penanganan kondisi emergency, manajemen PLTU Sluke segera mengevakuasi karyawan yang menjadi korban ke rumah sakit terdekat. Di saat yang sama, manajemen tetap fokus pada recovery unit. Sehingga, mesin pembangkit segera masuk ke sistem Kelistrikan Jawa-Bali.

pltu sluke

“Kami harus pandai-pandai membagi waktu dan perhatian. Sehingga, penanganan korban dapat dilakukan dengan baik, begitu juga recovery unit. Unit sudah beroperasi kembali. Mudah-mudahan korban juga segera pulih,” katanya.

Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja mutlak diwujudkan dalam bekerja. Pihak manajemen berkomitmen menerapkan K3 di lingkungan PLTU Sluke. Insiden terjadi saat unit sedang melakukan proses start up pada hari Kamis (18/8).

Diketahui adanya kebocoran uap, sehingga mesin HPH dimatikan (out service) . Kemudian pada pukul 14.30 WIB saat dilakukan upaya perbaikan terhadap kebocoran tersebut terjadi insiden yang mengakibatkan 4 karyawan terluka.

Kejadian tersebut cukup mengejutkan karyawan dan manajemen unit. Pemeliharaan dan start up mesin pembangkit adalah hal biasa. PLTU Sluke sudah berulang kali melakukan pemeliharaan dan start up mesin pembangkit untuk menjamin keandalan pasokan listrik.

“Kami selalu melakukan upaya terbaik agar pembangkit kami tetap dapat memasok listrik di Sistem Kelistrikan Jawa-Bali, sehingga pasokan listrik di Jawa-Bali tidak terganggu,” kata Yudhy.

Selain perannya dalam sistem hulu kelistrikan nusantara, PLTU Sluke juga gencar menggelar program CSR. Di antaranya, adalah Penyuluhan Sampah, Penanaman Mangrove, Pelatihan Batik, Pelatihan Pembuatan Kue oleh ibu-ibu PKK, Pelatihan Karang Taruna Welding AC bekerjasama dengan Depnaker Sluke, dan program beasiswa pendidikan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)