Opsi Bahan Bakar Alternatif dari AC Autogas

AC Autogas merupakan sebuah converter kit yang memungkinkan pemakaian bahan bakar gas (BBG), baik liquid petroleum gas (LPG) dan compressed natural gas (CNG), oleh pengguna kendaraan bermotor. AC Autogas sendiri merupakan produksi Polandia, yang telah berdiri sejak tahun 1996. Untuk wilayah Asia Tenggara, distributor pertama AC Autogas berada di Thailand. Saat ini AC Autogas telah digunakan lebih dari 1,7 juta kendaraan di Thailand.

Instalasi AC Autogas di dalam mesin mobil

Menjelang penerapan rencana pemerintah Indonesia untuk mengurangi bahan bakar minyak (BBM), coverter kit AC Autogas dinilai sebagai solusi tepat bagi pengendara kendaraan bermotor. “Saat ini harga satu liter BBG adalah Rp 3600. Jika kisaran harga bensin Premium adalah Rp 4500-Rp 6500, maka konsumen dapat menabung Rp 900-Rp 2.900 per harinya.

"Para pengguna mobil di kota besar seperti Jakarta bisa membeli 10 liter bensin Premium per harinya. Bisa dibayangkan berapa jumlah uang yang dapat disimpan konsumen setiap bulannya," ujar spesialis natural gas vehicle (NGV) Amanda CNG, Heru Khrisna Ajie. Selain Indonesia, AC Autogas juga sedang mengembangkan pasar di Kamboja, Myanmar, Malaysia, dan Vietnam.

Masalah keamanan menjadi sorotan utama bagi produk AC Autogas. Sistem converter kit AC Autogas dilengkapi detektor yang akan menghentikan aliran gas secara otomatis jika terjadi kebocoran sekecil apapun. “Kelebihan lain dari converter kit AC Autogas adalah unit kendali elektronik (ECU) dan aplikasi sistem tune up yang ramah bagi pengguna. Pengguna dapat melakukan tune up tanpa bantuan mekanik.”, ujar Business Development Executive Asia-Pacific Region AC Autogas, Somchai Lertwisettheerakul. Tabung gas BBG yang akan digunakan pengguna juga bersertifikat internasional ISO 11439, yang tidak akan meledak dalam kondisi terbakar ataupun terbentur benda keras.

Asep Maulana Djaki, selaku Direktur PT Maduratna Utama yang menjadi distributor utama AC Autogas di Indonesia memberitahukan bahwa total investasi yang dibutuhkan dari konsumen untuk pemasangan converter kit AC Autogas adalah sebesar Rp 12 juta. “Kami sedang menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan dan melatih sumber daya manusia agar segera dapat melayani konsumen.”, ujarnya. PT Maduratna Utama sendiri baru memasarkan produk-produk AC Autogas sejak paruh kedua tahun 2013. (EVA)

Leave a Reply

1 thought on “Opsi Bahan Bakar Alternatif dari AC Autogas”

Dh, Mohon informasi contact person,email PT Maduratna Utama. Terima kasih.
by Leonard, 12 Jul 2013, 13:48

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)