Management Strategy

Panasonic Ganti Baju Demi Konsumen Premium

Oleh Admin
Panasonic Ganti Baju Demi Konsumen Premium

Panasonic ganti baju. Perusahaan elektronik asal Jepang ini mengganti logo pusat layanan Panasonic. Dari biru, pilihannya kini jatuh ke warna hitam demi mempertegas kesan premium dan berkualitas. Bukan itu saja, Panasonic pun menambah produk layanan pelanggannya.

Panasonic Care & Support

“Sekarang kami menggunakan tagline “Care & Support”,” kata Nicolas Herlambang, Customer Service General Manager. Dengan perubahan tagline ini, Panasonic bermaksud meningkatkan kepedulian terhadap konsumen serta siap melakukan perbaikan, kunjungan, hingga masalah konsumen terselesaikan. Mendukung hal tersebut, Panasonic meluncurkan e-service dan aplikasi mobile Ask Panasonic.

E-service alias exclusive service merupakan produk layanan konsumen premium Panasonic. Kepremiumannya diwujudkan berupa kunjungan perbaikan kurang dari 3 jam setelah konsumen menghubungi Panasonic. Bagi konsumen produk premium Panasonic, mereka mendapatkan flyer exclusive member yang disertakan dalam unit produk. Pada flyer tersebut tertera kode yang bisa digunakan konsumen untuk mendapatkan layanan istimewa di contact center. Apabila pertanyaan atau keluhan mereka tidak dapat diselesaikan melalui contact center, teknisi Panasonic akan mendatangi tempat konsumen dalam waktu kurang dari 3 jam.

“Produk lain juga bisa didatangi teknisi seperti ini, hanya saja kami tidak bisa menjamin 3 jamnya itu,” tutur Nicolas kepada SWA Online usai seremoni rebranding layanan pelanggan Panasonic, Kamis (28/2). Saat ini, e-service baru diperuntukkan konsumen TV plasma LCD di atas 42 inci di Jakarta. “Kalau teknisi ternyata datang lebih dari 3 jam, kami memberikan gift sebagai kompensasi. Tapi kami tidak berharap itu terjadi,” lanjutnya. Nicolas menambahkan, bila teknisi tidak bisa memperbaiki atau menyelesaikan masalah di tempat konsumen, ia akan memboyong barang tersebut dan memberikan back-up unit untuk konsumen. Layanan ini tersedia di hari kerja pukul 8 pagi hingga 17.30.

Selain e-service, Panasonic Care & Support merilis aplikasi mobile Ask Panasonic. Produk layanan konsumen ini berangkat dari keinginan memindahkan buku manual ke sebuah aplikasi digital. Saat diluncurkan (28/2), aplikasi tersebut baru tersedia di platform Android. Rencananya, 1 April nanti aplikasi yang sama tersedia di iOS dan Blackberry App World.

Ketika SWA Online menjajal aplikasi Ask Panasonic di ponsel Android versi Ice Cream Sandwich, bug masih banyak ditemui. XXX sebagai pengembang belum menyesuaikan resolusi. Selain itu, aplikasi ini bermasalah dengan UI (user interface) hingga banyak tampilan yang tidak muncul. Bisa dibilang, aplikasi ini terlahir prematur. “Aplikasi ini memang belum fix, masih jauh dari sempurna karena sebetulnya kami menargetkan peluncurannya 1 April nanti,” kata Nicolas membenarkan.

Panasonic belum berencana mengintegrasikan aplikasi mobile Ask Panasonic dengan iklan-iklan produk. Nicolas menjelaskan, aplikasi ini untuk membantu menjawab pertanyaan konsumen yang kerap diterima 48 service center dan 225 authorized service center Panasonic di seluruh Indonesia. Untuk mempromosikan aplikasi tersebut, Panasonic akan menempelkan informasi aplikasi pada iklan-iklan produk. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved