PDMA, Pendorong Inovasi dalam Skala Global

Inovasi adalah kata kunci bagi penengembangan produk dan manajemen dalam sebuah organisasi. Salah satu promotor inovasi adalah PDMA (Product Development and Management Association) yang berkantor pusat di Chicago, Amerika Serikat. Bagaimana kiprah PDMA mendorong inovasi? Allan M. Anderson PhD, Direktur PDMA Asia Pasifik, memaparkannya kepada Ario Fajar dari SWA Online.

Allan Anderson, CEO PDMA Asia Pasifik Allan M. Anderson, Direktur PDMA Asia Pasifik

Apa itu PDMA?

Product Development and Management Association adalah organisasi terkemuka yang mewakili profesional pengembangan produk. Artinya, terdiri dari orang-orang yang melakukan pengembangan produk di perusahaan atau yang meneliti praktek pengembangan produk di universitas-universitas atau lembaga penelitian.

Kapan berdiri dan siapa pendirinya?

Sejarahnya dimulai pada tahun 1979, di mana a young development and management association (PDMA) mengadakan konferensi tahunan di Chicago. Al Page dan Larry Feldman menghadiri acara tersebut. Dari pertemuan itulah terbentuk PDMA Chicago. Mereka kemudian mendirikan pertemuan (chapter) di Chicago pada tahun 1980 dan 1986. Mereka telah membangun keanggotaan lokal yang berhasil menghimpun 100 profesional untuk berbagi semangat dalam pengembangan produk. Lalu mereka melakukan pertemuan ketiga (next chapter) sampai keempat dalam setahun.

Apa visi dan misi PDMA?

Misi kami adalah untuk meningkatkan efektivitas individu dan organisasi dalam pengembangan produk dan manajemen. Hal itu dilakukan dengan menyediakan sumber daya untuk pengembangan profesional, informasi, kolaborasi dan promosi pengembangan produk baru dan manajemen.

Di mana saja cakupan operasionalnya?

PDMA berkantor pusat di Chicago. Hingga saat ini kami telah memiliki afiliasi yang tersebar di 17 negara, salah satunya Indonesia. Di Asia Pasifik kami juga terafiliasi di India, Korea, Tiongkok, Australia, dan Selandia Baru.

Apa saja program yang telah dilaksanakan?

Sepanjang tahun, PDMA menjadi host dan sponsor dalam beberapa kegiatan. Selama lebih dari 30 tahun, profesional telah berkumpul membentuk jaringan dan “one stop shop” untuk praktik terbaru dalam pengembangan produk baru di Product Innovation Management Conference. Konferensi itu diadakan setiap tahun pada musim gugur yang menghadirkan pembicara, diskusi panel, lokakarya, forum riset, dan masih banyak lagi.

Selain Product Innovation Management Conference, PDMA juga menyelenggarakan beberapa konferensi lainnya sepanjang tahun yang skopnya bersifat lokal. Pertemuan lokal tersebut menawarkan kesempatan yang sangat baik untuk keterlibatan lokal, jaringan dan pertukaran ide. Sebagian besar pertemuan itu juga mencakup program-program inovasi. PDMA juga mendukung program sertifikasi, NPDP (New Product Development Professional Certification).

Allan Anderson2

Bagaimana hasilnya?

Selama 30 tahun terakhir telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam pengakuan pengembangan produk sebagai profesi, kualitas proses dan praktik pengembangan produk.

Bagaimana Anda melihat dan menilai tingkat inovasi perusahaan Indonesia? Bagaimana bila dibandingkan dengan negara lain?

Saya tidak terlalu banyak memiliki pengalaman dengan perusahaan Indonesia. Jadi ini bukan porsi saya untuk menjawab.

Seberapa penting atau urgensi inovasi harus diterapkan dalam bisnis saat ini?

Inovasi produk menjadi semakin penting bagi sebagian besar perusahaan. Hal itu didorong karena meningkatnya laju perubahan teknologi dan permintaan dari konsumen untuk produk baru. Perusahaan yang tidak berinovasi akan tertinggal dari pesaingnya.

Apa saja infrastruktur yang perlu disiapkan sebelum proses inovasi?

Proses inovasi yang baik dan sukses itu dimulai dari budaya dan lingkungan dalam perusahaan yang menjadi ultimate faktor. Untuk benar-benar sukses dalam inovasi, perusahaan harus memiliki struktur organisasi dan budaya yang mendukung dan mengakui pentingnya inovasi.

Siapa yang harus menjadi motor inovasi? Perlukah membentuk tim?

Pada akhirnya yang menjadi motor penggerak inovasi adalah pimpinan perusahaan yang didukung oleh dewan lainnya. Lalu budaya inovasi tersebut harus tersebar keseluruh orang-orang yang ada di organisasi.

Apa saja langkah-langkah dalam proses inovasi?

Inovasi produk adalah keputusan vs proses risiko. Dimulai dengan peluang atau masalah, kemudian ide, pengembangan konsep, analisis kasus bisnis, prototyping, produksi dan komersialisasi. Untuk itu, seringkali ini melibatkan kegiatan yang sifatnya pararel atau bahkan kegiatan berulang .

Apa saja aspek atau dimensi yang perlu diperhatikan dalam inovasi?

Inovasi produk adalah proses multi fungsi atau multi dispilin. Untuk itu harus melibatkan pemasaran, manufaktur, pemangku kepentingan kunci (konsumen), keuangan, R&D, hingga rantai pasokan.

Apakah teknologi dapat menjadi faktor penting kesuksesan inovasi?

Teknologi bisa menjadi faktor penting, tetapi itu tergantung pada jenis perusahaan dan produk. Ada perusahaan yang berinovasi karena dipacu oleh kemajuan teknologi atau tuntutan teknologi, namun ada pula yang dipacu oleh hal lain karena bisnis yang dijalankan tidak berbasis atau memerlukan teknologi canggih. Namun yang terpenting di sini adalah tentang bagaimana strategi mereka dalam berinovasi.

Apa saja kendala yang umumnya dijumpai dalam inovasi?

Banyak hambatan dalam inovasi produk, tetapi dengan kata lain faktor penentu keberhasilan inovasi produk adalah produk baru yang khas, sesuai dengan kebutuhan pasar, diterima pasar, serta mendapat dukungan dari manajemen. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)