Pelindo I dan II Bersinergi Operasikan Pelabuhan Batu Ampar

PT Pelindo II (Persero) melakukan kerja sama dengan PT Pelindo I (Persero) untuk mengoperasikan pengelolaan pelabuhan Batu Ampar.

Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G. Masassya, mengatakan, kerja sama ini dilatarbelakangi keinginan untuk merealisasikan potensi bisnis penyediaan jasa kepelabuhan yang bertaraf internasional dengan dukungan captive market di Batam.

Menurutnya, Batam sebagai lokasi yang sangat strategis karena terletak dalam jalur pelayaran internasional tersibuk di antara Selat Malaka dan Singapura. Selain itu Batam telah dikembangkan selama ini sebagai kawasan industri, transhipment dan daerah pariwisata, yang mana 90% dari barang-barang dipastikan melalui pelabuhan di Batam.

"Kerja sama ini menjadi dasar kesepakatan dan komitmen dalam penyiapan kerja sama operasi pengelolaan pelabuhan Batu Ampar beserta area pendukungnya di Batam,” kata Elvyn

Ia menambahkan, kolaborasi antar Pelindo dapat diterima BP Batam dan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kepelabuhan di Batam, khususnya pelabuhan Batu Ampar dari sisi pengelolaan maupun untuk strategi bisnis ke depannya. Selain itu, tujuan kerja sama untuk melaksanakan penyiapan kerja sama operasi pengelolaan pelabuhan Batu Ampar beserta area pendukungnya di Batam.

“MoU ini bertujuan untuk mensinergikan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka melakukan kerja sama dengan tetap memperhatikan dan menjunjung tinggi prinsip kelayakan dan saling menguntungkan,” jelasnya.

Direktur Utama Pelindo I,  Bambang Eka Cahyana, menjelaskan, saat ini kapasitas pelabuhan yang baru terpakai baru sekitar 450 ribu teus. Padahal , Pelabuhan Batu Ampar memiliki total kapasitas 1 juta teus. Dengan kerjasama ini, ia berharap dalam tiga tahun kapasitasnya bisa mencapai 80%.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)