CMI Siapkan Investasi US$ 5 Miliar ke Indonesia

 

China Minsheng Investment Corp., Ltd. (CMI) mengumumkan rencananya untuk berinvestasi di Indonesia bersama perusahaan-perusahaan swasta China lainnya sebesar US$5 miliar. Investasi ini merupakan perwujudan nyata komitmen CMI untuk mendukung agenda internasional China dan Indonesia dalam menghadapi tantangan ekonomi serta penyediaan investasi untuk meningkatkan pertumbuhan.

CMI

Visi strategis utama CMI adalah untuk merealisasikan penggunaan sumber daya serta pasar domestik dan luar negeri secara menyeluruh, serta menciptakan strategi globalisasi. Perjanjian investasi terkini ini merupakan  langkah strategis bagi CMI, dalam rangka mengembangkan pasar di luar negeri, di mana Indonesia merupakan pasar pertama di kawasan ini. CMI telah bekerja sama dengan Indonesia China Business Council (ICBC) untuk investasinya di Indonesia.

Li Huaizhen, CEO China Minsheng Investment Corp., Ltd mengatakan, “Indonesia merupakan salah satu pasar yang menjadi fokus utama CMI ketika perusahaan memutuskan untuk mengembangkan perusahaan di tingkat dunia. Tahapan pembangunan di Indonesia dan China saling melengkapi, di mana permintaan pasar di Indonesia saat ini dapat dipenuhi oleh sektor industri China yang telah mapan. Investasi ini akan turut mendorong perekonomian Indonesiadengan mengembangkan industri dan menciptakan lapangan pekerjaan, sementara bagi China, proses transfer kapasitas ini akan menunjukkan perbaikan yang terjadi pada perusahaan-perusahaan China”.

Sebagai bagian dari investasinya, CMI akan memimpin sejumlah perusahaan swasta terdepan untuk membangun kawasan industri CMI di Indonesia, yang akan memungkinkan masuknya beragam industri dari berbagai sektor ke pasar Indonesia, termasuk batu bara, bahan kimia, aluminium elektrolit, besi dan baja, pembangkit listrik, semen, infrastruktur, pelabuhan, internet, penyediaan jet untuk bisnis, serta produksi dan pengoperasian helikopter. Bentuk kerja sama dalam proyek ini akan membawa kemajuan dalam hal teknologi produksi terdepan, kemampuan manajerial, modal dan talenta untuk Indonesia, membantu perkembangan ekonomi dengan penciptaan lapangan pekerjaan baru dan penerimaan pajak untuk pasar Indonesia.

“Perusahaan-perusahaan swasta China yang bekerja sama dengan CMI mendapatkan keuntungan dari Indonesia dalam hal teknologi, manajemen dan teknik. Ketika Indonesia secara berkelanjutan menciptakan permintaan dan proyek-proyek sebagai bagian dari strategi untuk mengembangkan infrastruktur, ini merupakan sebuah peluang bagi perusahaan-perusahaan China untuk dapat memastikan teknologi mereka serta kemampuan manajerial di pasar lain”, imbuh Li.

Selain investasi di sektor industri untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia di bidang infrastruktur dan produksi industri, CMI juga memiliki komitmen untuk melakukan investasi di bidang sosial untuk berkontribusi dalam menyeimbangkan pembangunan di Indonesia

“Hanya situasi yang saling menguntungkan atau lebih menguntungkan yang dapat menciptakan sebuah bisnis yang sukses. Karenanya, kami senantiasa memastikan perkembangan sosial sebagai salah satu target investasi di sebuah pasar. Kami tidak hanya memberikan investasi di bidang industri, tetapi juga bekerjasama untuk menciptakan keuntungan bagi masyarakat lokal,” tutup Li. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)