Pemudik Beralih Gunakan Tol Trans-Jawa Jawa

Meski bulan Ramadhan baru saja dimulai, tetapi penduduk Indonesia sudah mulai sibuk memikirkan perjalanan pulang kampung. Namun, ada yang berbeda dari mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini. Munculnya ruas-ruas jalan tol baru, menjadikan animo masyarakat dalam menggunakan moda transportasi darat menjadi lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, jumlah masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2019 akan mencapai angka 32 juta orang. Sementara, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum diproyeksi mencapai 22,83 juta atau meningkat 4,14% dari tahun sebelumnya.

Dalam upaya menjadikan penanganan mudik tahun ini selamat, aman, lancar, dan nyaman, pemerintah pun memberikan perhatian khusus pada masifnya pergerakan kendaraan dari arah Jakarta menuju ke Jawa Barat dan Jawa Tengah di jalan tol Trans Jawa. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Angkutan Lebaran Jawa Barat Tahun 2019, di Bandung (7/5/2019).

“Mudik kali ini strateginya adalah pergerakan dari Jakarta menuju Jabar dan Jateng. Perlu upaya ekstra karena jalan tol Jakarta, Semarang, Solo sampai Surabaya selesai. Jadi preferensi masyarakat untuk mudik dengan darat ini banyak sekali,” jelas Menhub dalam siaran persnya.

Sebagai perusahaan penyedia pelayanan jasa transportasi darat, Daytrans juga memprediksi keberadaan ruas tol Trans Jawa akan memperlancar arus lalu lintas dari wilayah Jabodetabek ke arah Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur pada saat mudik Lebaran 2019. Untuk melayani permintaan masyarakat akan meningkatnya kebutuhan transportasi darat tersebut, Daytrans menawarkan penyediaan paket mudik Lebaran.

“Paket Mudik Lebaran yang kami sediakan harganya sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 300-400 ribu saja untuk rute Jakarta – Yogyakarta/Semarang, keberangkatan dari tanggal 29 Mei – 15 Juni 2019,” ujar Yosepha, General Manager Daytrans.

Dia melanjutkan, paket mudik tersebut sudah dapat dipesan melalui portal online booking atau melalui mobile apps Daytrans. “Kami juga bersinergi dengan White Horse Group untuk penyediaan armada untuk paket mudik Lebaran ini,” tambahnya.

Selain itu, melalui online channel yang telah terkoneksi dan offline channel yang telah tersebar di seluruh Indonesia, Daytrans berharap masyarakat dapat merasa terbantu dan merasa nyaman dalam mempersiapkan momen mudik tahun ini. Sebagai informasi, saat ini Daytrans mengoperasikan lebih dari 80 armada yang mampu melayani 280 jadwal keberangkatan setiap hari dengan total kapasitas lebih dari 2.200 penumpang/hari.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)