Pengelolaan Human Capital Perusahaan di Indonesia Makin Inovatif

Lembaga Manajemen UI kembali menggandeng SWA Media mencari perusahaan-perusahaan yang menerapkan praktik pengelolaan human capital terbaik. Ini merupakan tahun ke-10 diadakannya Program HRExcellence Award 2018. Selain itu, diadakan pemilihan para calon pemimpin masa depan di bidang human capital. Dalam proses penjurian tersebut ditemukan fakta-fakta menarik dari para finalis, terutama dari best practice perusahaan dalam mengelola human capital.

Irvandi Ferizal salah satu juri mengagumi 30 finalis yang presentasi pada penjurian yang diadakan di Lembaga Manajemen UI pada 19, 22, dan 27 Maret 2018 lalu. “Semua menarik, peserta menunjukkan inovasi praktik pengelolaan human capital mereka. Bahkan sudah makin advance dengan digitalisasi serta dengan cara-cara yang unik,” ujarnya seperti disampaikan sebelum penyerahan award di Ceria Room Shangri La Hotel Jakarta (07/05/208).

Menurutnya, bisa dikatakan mayoritas peserta sudah menerapkan future concept works dalam pengelolaan human capital-nya, dengan tidak hanya memikirkan kapabilitas saat ini atau hari ini saja, tapi juga kapabilitas masa depan.

“Semua adalah pemenang. Semua adalah leaders terutama yang mendapat kesempatan presentasi. Salah satu kesimpulannya, dari skala A sampai C yang kami berikan pada para finalis, tidak ada nilai yang C, para finalis mendapat nilai A dan B,” kata pria yang juga Direktur Human Capital dari Maybank ini.

Sebelumnya, Keman E. Gani, Group CEO SWA Media Corp. menuturkan, program ini menekankan pada pencarian best practice perusahaan-perusahaan di Indonesia, yang diharapkan bisa menjadi benchmark bagi perusahaan lain. Sedangkan untuk pemilihan HR Future Leader adalah pencarian para calon pemimpin masa depan di bidang human capital. Langkah konsisten SWA Media bersama Lembaga Manajemen UI ini menunjukkan konsern keduanya dalam pengembangan SDM Indonesia di masa depan. “Great strategy without great people dalam perusahaan itu tidak ada artinya, tujuan akan sulit dicapai,” tegas Kemal.

Ia melanjutkan, penting bagi perusahaan menghasilkan eksekutif-eksekutif puncak, talenta baru terbaik sebagai bagian dari strategi perusahaan. “Jumlah tenaga kerja banyak tapi yang berintegritas, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tidaklah mudah,” tuturnya.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)