Kenyamanan dan Kemudahan Transaksi Dongkrak Pengguna CIMB Cliks

CIMBMobileFitur transaksi internet banking PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) yang dikenal dengan nama CIMB Cliks mengalami peningkatan pengguna dari waktu ke waktu. Per 30 Juni 2014, jumlah pengguna CIMB Cliks meningkat 29,8 % menjadi 888 ribu pengguna, dengan rata-rata jumlah peningkatan transaksi sebesar 28,9 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut Head of Branch Branchless Banking CIMB Niaga, Budiman Poedjirahardjo, pencapaian tersebut dikarenakan CIMB Clicks mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi dengan beragam kelebihannya. Beberapa di antaranya adalah, kelengkapan dan kemudahan akses layanan transaksi multipayment (pembayaran tagihan Telkom dan listrik, pembayaran kartu kredit dan asuransi), isi ulang pra bayar, hingga transfer ke bank manapun secara realtime transfer.

Khusus transaksi transfer dana, nasabah cukup memasukan nomor rekening serta bank penerima, selanjutnya nama penerima dana akan langsung muncul secara otomatis.
Faktor pendorong pertumbuhan CIMB Cliks juga dikontribusikan oleh kecepatan akses internet banking, ketersediaan dan kemudhan akses layanan infgormasi (informasi rekening, biaya transaksi, suku bunga dan lainnya); ketersediaan dan kemudahan akses menu Help (memiliki fitur yang lengkap, informatif dan mudah dimengerti); sampai tampilan apliaksi yang user friendly dan kemudahan serta kecepatan melakukan registrasi mellaui internet.

Selain itu, nasabah kartu kredit CIMB Niaga juga dapat mengakses sejumlah informasi melalui CIMB Cliks seperti total tagihan, sisa kredit, jatuh tempo pembayaran, pemakaian terakhir serta total rewards point, secara mudah.

Faktor penting lainnya adalah jaminan keamanan transaksi. Menurut Budiman, pihaknya menggunakan sistem pengamanan ganda. Sebelum melakukan transaksi pembayaran maupun transfer dana, nasabah akan dikirimkan kode keamanan (mPin) ke nomor ponsel yang telah terdaftar. Sistem akan kembali meminta untuk memasukkan kode kemanan tersebut, sebelum transaksi bisa dilanjutkan.

Fitur kemanan lainnya yang telah dikembangkan dalam CIMB Cliks adalah fitur E-Notifikasi. Fitur tersebut adalah fitur pendaftaran untuk SMS notifikasi yang ada di CIMB Cliks, dimana nasabah dapat menerima notfikasi untuk transaksi yang terjadi pada rekening nasabah yang didaftarkan E-Notifikasi.

Guna memudahkan transaksi pengiriman dan penerimaan uang, CIMB Niaga juga telah menggandeng perusahaan jasa pengiriman uang yakni Western Union, ini berarti akses kirim dan terima uang tidak hanya terbatas pada rekening CIMB Niaga, tetapi juga 19 ribu lebih agen Western Union di Indonesia dan 494 ribu lokasi ritel di 200 negara dan kawasan.

Beragam fitur yang tersedia di dalam CIMB Clicks membuat nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi kapanpun, dan di manapun mereka berada. “Kami ingin nasabah merasa aman, serta nyaman dalam bertransaksi. Selain itu, inisiatif ini juga merupakan bentuk dukungan kami terhadap layanan perbankan tanpa kantor cabang (branchless banking) yang dicanangkan oleh regulator,” tutup Budiman. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)