Perancis & Jerman Bentuk Kelompok Kerja Krisis Utang Euro

Perancis dan Jerman membentuk sebuah kelompok kerja bilateral pada krisis utang zona euro. Kelompok ini akan menangani kebijakan zona euro terhadap Yunani dan Spanyol, selain itu juga mengawasi perbankan , uni perbankan dan integrasi Eropa.

"Kami berkomitmen untuk kelangsungan zona euro dan stabilitasnya,” kata Menteri Keuangan Perancis, Pierre Moscovici dan Menteri Keuangan Jerman, Wolfgang Schaeuble, seperti dilaporkan AFP, Selasa (28/8).

Perancis dan Jerman akan mengintensifkan kerja mereka menjelang KTT para pemimpin Uni Eropa berikutnya di Brussels pada 18 dan 19 Oktober 2012. Krisis zona euro akan kembali menjadi pokok utama pembahasan dalam KTT tersebut.

Moscovici dan Schaeuble, menjelaskan, tujuan dibentuknya kelompok ini adalah untuk memadamkan krisi utang yang telah berlangsung selama tiga tahun.

Sebagai langkah selanjutnya, Kanselir Jerman, Angela Merkel akan bertemu dengan Presiden Perancis Francois Hollande untuk mengadakan pembicaraan di Berlin pada Kamis (30/8). Sehari sebelumnya, Markel akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Yunani, Antonis Samaras. Sementara Hollande dan Samaras mengadakan pembicaraan di Paris pada Sabtu (1/9). Merkel dijadwalkan pada Rabu (29/8) juga akan bertemu Perdana Menteri Italia, Mario Monti di Berlin. (Lila Intana/AFP)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)