Perkuat Branding, Ini Fokus Garda Oto

Pemasaran dengan Word of mouth (WOM) bukan hal yang baru. Namun, popularitasnya terus naik pertumbuhan media sosial yang sangat fenomenal. Meski begitu, PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto) tidak menempatkan WOM Marketing sebagai strategi penjualan secara khusus.

Manager Communication & Event Garda Oto, Laurentinus Iwan Sutanto mengatakan, perseroan memandang WOMM sebagai efek dari strategi pengembangan branding. “Branding yang dilakukan juga tidak hanya sebatas iklan, aktivasi dan tagline Don't Worry, be Happy,” katanya

Sebagai sebuah perusahaan asuransi yang produknya lebih ke servis, lanjut dia, perseroan melakukan branding dengan memperhatikan tiga komponen.
Pertama, adalah people yang meliputi perbaikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

kejutan_bagi_pelanggan_garda_oto

Kedua, yaitu proses, yakni pelayanan yang baik atau program-program yang digelar. Terakhir, adalah portofolio, yaitu macam-macam layanan yang disediakan Garda Oto untuk para konsumen.

“Dengan mensinergikan ketiga hal tersebut, Garda oto akan menghasilkan pelayanan yang baik, sehingga nantinya bisa menjadi produk yang dibicarakan,” kata dia.

Iwan menjelaskan konsep tersebut telah diterapkan sejak Garda Oto berdiri pada tahun 1995. Resep tersebut manjur. Perusahaan asuransi lokal itu pun sukses memenangkan persaingan dengan perusahaan asuransi mobil top lainnya.

“Dengan mengedepankan servis dan pelayanan yang baik pastinya akan berimbas kepada kepuasan konsumen. Dari sinilah, lahirnya WOMM yang kemudian menjadi viral,” ujarnya.

Garda Oto senantiasa berinovasi demi meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satunya dengan terus mempermudah pelaporan klaim. Pelanggan bisa mengakses Garda Akses yang merupakan layanan Call Center 24 jam.

Jika tengah di jalan, bisa juga mengunjungi Garda Center yang dibangun di banyak pusat perbelanjaan. Pelanggan dapat melakukan pelaporan klaim pada hari Sabtu dan Minggu. Garda Oto sendiri hanya beroperasi di hari kerja.

“Tahun lalu, kami hanya memiliki 10 booth Garda Center. Saat ini kami sudah memiliki 14 booth,” katanya.

Teranyar, perseroan merilis aplikasi Garda Mobile Otocare. Itu adalah layanan terbaru dengan memanfaatkan smartphone yang nantinya akan mempermudah pelaporan klaim dan layanan lainnya.

Selain penunjuk posisi bengkel Garda Oto terdekat, pelayanan langsung menuju Garda Akses, Garda Mobile Otocare juga memiliki fungsi monitoring dan pengingat secara berkala hal-hal lain seperti, masa berlaku STNK, Pos Polisi terdekat, servis berkala, hingga jumlah bensin yang dipakai selama sebulan.

“Selain itu, ada juga fungsi knowledge yakni menyediakan konten berita. Saat mudik, Garda Mobile Otocare juga menyedikan informasi mengenai lokasi pos Garda Oto terdekat,” ujarnya. (Reportase: Rizky Chandra Septania)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)