Management Strategy

Mondelez Perkuat Jaringan Industri Makanan di Vietnam

Mondelez Perkuat Jaringan Industri Makanan di Vietnam

Mondelez

Mondelēz International, produsen consumer goods yang mencakup cokelat, biskuit, permen karet dan permen, kembali melebarkan bisnisnya melalui akuisisi saham sebesar 80% dari unit usaha makanan ringan Kinh Don Corporation di Vietnam. Hal tersebut sudah sesuai dengan persetujuan dari para pemegang saham Kinh Don Corporation.

Investasi penting di industri fast-moving consumer goods di Vietnam ini akan membantu Kinh Do memperkuat kemampuan produksi, jaringan distribusi yang komprehensif dan bakat-bakat terbaik Vietnam yang dimilikinya. Beberapa merek Kinh Don yang sangat digemari termasuk biskuit dan kue bulan Kinh Doo, biskuit Cosy, kue lembut Solite dan kue kering AFC. Merek-merek tersebut akan melengkapi portofolio Mondelēz International di kawasan Asia Pasifik yang terdiri dari berbagai merek unggulan makanan ringan termasuk Oreo, Ritz dan Cadbury.

Tim Cofer, Executive Vice President and President Asia Pacific and Eastern Europe, Middle East & Africa for Mondelēz International, mengungkapkan bahwa investasi signifikan di Kinh Do dan Vietnam merupakan keputusan yang tepat bagi strategi pertumbuhan kami di Asia Pasifik guna memperkuat beberapa kategori makanan ringan utama kami di pasar dengan pertumbuhan tinggi dan dinamis.

“Kinh Do adalah sebuah bisnis di Vietnam yang sukses dengan warisan yang kuat selama beberapa dekade. Pemahamannya terhadap konsumen lokal, lingkungan bisnis dan cara-cara berbisnis yang rumit di Vietnam, memberikan sebuah fondasi kuat untuk menumbuhkan bisnis. Baik Kinh Do maupun Mondelez memiliki passionyang sama untuk memproduksi merek-merek yang orang suka. Saya sangat senang terhadap apa yang dapat kami capai bersama”, imbuh Tim.

Sementara itu, Tran Kim Thank, Chairman of Kinh Do Corporation mengatakan,“Kami bangga dapat membawa Kinh Do ke tahap pertumbuhan selanjutnya dan menawarkan berbagai rasa baru kepada konsumen – tidak hanya di Vietnam tapi di dunia. Pengumuman hari ini juga merupakan pengakuan kuat terhadap Kinh Do sebagai sebuah merek yang sangat dicintai dan telah mendapat kepercayaan dari para konsumen selama bertahun-tahun. Kerjasama yang ditawarkan selaras dengan tujuan bisnis kami dan akan membantu kami untuk menjalankan strategi baru”.

Dewan direksi Kinh Do akan mengajukan penawaran transaksi ini kepada para pemegang saham di Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada Desember 2014. Sebelum pelaksanaan investasi oleh Mondelēz International, Kinh Do Corporation akan menyelesaikan proses restrukturisasi yang sebelumnya sudah diumumkan untuk memperkuat divisi makanan ringannya (kecuali es krim Kido, divisi susu dan beberapa toko rotinya) menjadi satu entitas bisnis, yaitu BKD.

Melalui penawaran transaksi ini, Mondelēz International akan mengeluarkan investasi awal sebesar 7,846 triliun Vietnam Dong (sekitar US$370 juta dengan nilai tukar saat ini) untuk mendapatkan 80% saham dari unit usaha makanan ringan yang sudah direstrukturisasi. Mondelēz International memiliki opsi untuk membeli, dan Kinh Do Corporation memiliki pilihan untuk menjual saham yang tersisa dari BKD. Pilihan tersebut dapat dilakukan setelah 12 bulan dari penyelesaian investasi untuk 80% kepemilikan saham.

Penawaran yang diajukan diharapkan selesai di kuartal kedua 2015, dengan persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada Kinh Do Corporation dan berdasarkan peraturan yang berlaku. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved