Pertumbuhan Industri Masih Terkendala Infrastruktur dan SDM

Perekonomian domestik masih dihantui ketidakpastian dalam beberapa waktu ke depan. Namun, ada harapan, ekonomi dunia mulai membaik dan tumbuh lebih tinggi pada tahun ini. Ini akan menggairahkan sektor industri di Tanah Air.

Menteri Perindustrian, Saleh Husin memerkirakan industri nonmigas tumbuh di kisaran 5,7-6,1% dengan dukungan peningkatan investasi pada kelompok industri tertentu. “Dampak dari berbagai paket kebijakan pemerintah yang dikeluarkan tahun lalu diharapkan bisa dirasakan pada tahun ini,” katanya.

Dengan upaya maksimal, industri nonmigas bahkan bisa tumbuh di atas 6%. seperti industri Kimia, Farmasi, dan Obat Tradisional; industri barang logam dan peralatan listrik; industri makanan & minuman; industri mesin dan perlengkapan; diharapkan mampu menjadi motor pertumbuhan industri manufaktur nonmigas pada tahun 2016.

Menteri Perindustrian, Saleh Husin Menteri Perindustrian, Saleh Husin

“Industri makanan & minuman diperkirakan tumbuh 7,4-7,8%. Industri ini cukup menjanjikan di tahun ini. Meski ekonomi melambat, sektor ini terus tumbuh positif dan tinggi,” ujar dia.

Meski begitu, Saleh mengharapkan seluruh pihak bekerjasama mengurangi berbagai hambatan pertumbuhan industri nasional, membangun sumber daya industri, menyediakan sarana dan prasarana industri. Sehingga, produktivitas dan daya saing industri nasional terus meningkat.

Ia mencontohkan tantangan di industri manufaktur. Selain rendahnya produktivitas sumber daya manusia dan belum didukung kondisi infrastruktur yang memadai, sektor ini juga masih berhadapan dengan masalah pembiayaan investasi dan regulasi lintas sektoral yang belum sepenuhnya berpihak pada pertumbuhan industri.

“Pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur industri merupakan faktor yang sangat penting. Infrastruktur tak hanya menjaga kelancaran arus barang dan jasa, tapi juga memperlancar proses produksi. Ketersediaan dan kualitasnya harus memadai,” katanya.

Kementerian Perindustrian mempercepat lelang proyek yang terkait dengan pembangunan infrastruktur dan kawasan industri. Sebagian sudah dimulai akhir tahun lalu. Proses lelang akan diperbanyak pada bula Januari-Maret. Proses lelang tersebut diharapkan bisa selesai pada Juni 2016 sehingga realisasi pembangunan bisa segera dilaksanakan.

Proyek tersebut, antara lain melanjutkan pembangunan infrastruktur di Kawasan Industri Sei Mangke. Selain itu, ada pula lelang pembangunan jalur-jalur kereta api di Sulawesi dan Kalimantan. (Reportase: Jeihan Kahfi Barlian)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)