Pinjaman tanpa Jaminan di UangTeman, Apa Syaratnya?  

Penyedia layanan pinjam uang berbasis online, UangTeman, menyediakan alternatif peminjaman mikro jangka pendek tanpa jaminan. Corporate Affairs Coordinator UangTeman Silvia Kartika memaparkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi nasabah untuk mendapatkan pinjaman dari UangTeman.

"Syaratnya adalah harus warga negara Indonesia, berusia 21-65 tahun, serta berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Yogyakarta, Solo, Magelang, dan Klaten," ujar Silvia saat dihubungi Tempo, Sabtu, 5 Maret 2016.

Selain itu, nasabah yang diperbolehkan meminjam uang di UangTeman adalah yang berpenghasilan minimum Rp 2,3 juta untuk yang berdomisili di Jabodetabek serta Rp 2 juta untuk yang berdomisili di Yogyakarta, Solo, Magelang, dan Klaten. "Nasabah harus bisa menunjukkan slip gaji," ucapnya. Ibu2 Pegang Uang Kertas

Nasabah, tutur dia, juga wajib menunjukkan dokumen seperti KTP dan foto pribadi. Selain itu, nasabah harus memiliki rekening tabungan atas namanya. "Telah memiliki e-mail juga sebelum mendaftar," kata Silvia.

Setelah mengisi form online di website UangTeman atau mengunduh aplikasinya di Google Play, ucap Silvia, nasabah akan menerima SMS dan e-mail notifikasi atas status pengajuan pinjaman. Jika pengajuan pinjaman disetujui, UangTeman akan melakukan verifikasi terhadap data-data nasabah melalui telepon.

Proses pengajuan pinjaman akan memakan waktu beberapa hari sejak nasabah mengisi formonline, verifikasi oleh UangTeman, hingga pencairan dana. "Kalau nasabah cepat mengangkat telepon dan antrean tidak banyak, dalam sehari bisa langsung ditransfer," ujar Silvia.
Silvia juga mengatakan, nasabah dapat mengembalikan pinjaman lebih cepat dari tanggal jatuh tempo tanpa dikenakan denda atau penalti. Nasabah pun hanya akan dikenakan bunga sesuai dengan jumlah hari nasabah meminjam uang tersebut. "Semakin cepat, semakin sedikit bunga pinjaman yang dibayarkan," katanya.

UangTeman juga akan memberikan penurunan bunga kepada nasabah yang membayar tepat waktu. Bunga pinjaman itu akan turun pada pengajuan pinjaman setelah pinjaman yang pertama. Pada pinjaman kedua, bunga yang akan dikenakan sebesar 0,9 persen per hari. Pada pinjaman ketiga, bunga yang akan dikenakan sebesar 0,8 persen.

Sementara itu, pada pinjaman keempat dan seterusnya, UangTeman hanya akan mengenakan bunga sebesar 0,75 persen per hari. "Tapi setiap bulan kami ada promo, bisa 0,5 persen, 0 persen, dan sebagainya," tutur Silvia.

Silvia mengatakan, apabila nasabah ingin memperpanjang tempo peminjaman, nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp 180 ribu. Biaya itu berlaku saat permohonan untuk mengajukan perpanjangan telah disetujui oleh UangTeman. "Kalau tidak mampu membayar dan telat, bunga stop, kemudian nasabah membayar Rp 50 ribu ditambah Rp 10 ribu per hari," katanya.

Permohonan peminjaman di UangTeman hanya dapat diajukan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif saja, seperti untuk kesehatan, pendidikan, liburan, pembelian perabotan baru, atau tambahan pembelian kendaraan. Sementara itu, lama pinjaman yang diberlakukan oleh UangTeman adalah minimum sepuluh hari dan maksimum 30 hari.
Tempo.co

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)