PLN Gelontorkan Rp 5,7 Triliun Pasok Listrik Asian Games

PLN menjamin pasokan listrik Asian Games 2018. (Foto : PLN)

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengucurkan dana senilai Rp 5,7 triliun untuk menjamin ketersediaan listrik Asian Games 2018  di Jakarta-Palembang.

"Bukan hanya untuk stadion dan fasilitas untuk atlet yang kami jamin suplai listriknya.  Tapi juga untuk hotel dan rumah sakit rujukan,  kami jamin tidak akan ada kekurangan suplai listrik. Bahkan media pun, kami persiapkan fasilitas kelistrikannya," kata General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya),  M.  Ikhsan Assaad dalam keterangan persnya di Jakarta (19/8/2018).

Ikhsan menyampaikan, sejak tahun lalu PLN menyiapkan 3 sumber tegangan dalam memfasilitasi kegiatan Asian Games 2018. "Beban puncak Jakarta itu sekitar 5.000 megawatt,  kita perkirakan beban listrik saat berlangsungnya acara akan meningkat sekitar 5%,  atau naik menjadi sekitar 5.250 megawatt.  Kalau Palembang,  itu sekitar 600 megawatt dan Bekasi itu 1.000 megawatt.  Jadi pasokan listrik aman," ujar Ikhsan.

Dia menyatakan Asian Games 2018 ini merupakan suatu hal yang sangat bagus dampaknya bagi Indonesia. "Ini bagus sekali untuk menunjukkan pada dunia,  bahwa Indonesia sanggup untuk mengadakan  perhelatan besar semacam Asian Games," paparnya.

Momen Asian Games juga dianggap tepat oleh Ikhsan sebagai momen bagi masyarakat dan pemerintah untuk berbenah dan mengubah pola pikir. "Momen besar ini,  untuk Indonesia dalam berbenah menyambut 45 ribu atlit dan 170 ribu wisatawan yang akan datang ke Indonesia.  ‘Kan tidak mungkin,  kalau stadion jelek atau jalan-jalan kumuh dalam menyambut para tamu ini.  Sekarang lihat saja,  jalan Sudirman-Thamrin begitu megah. Ini juga jadi momen yang tepat memicu perubahan mind set masyarakat Indonesia untuk lebih disiplin dan tertib," lanjut Ikhsan.

Dia menegaskan bahwa semua yang dilakukan PLN ini merupakan perwujudan dari semboyan PLN yaitu energi optimisme,  energi potensial,  power by PLN. "Untuk memastikan,  kemarin malam saya juga sudah melakukan gladi bersih di Gelora Bung Karno setelah izin dengan pak Syafri.  Dan semuanya menunjukkan hasil yang baik," jelasnya.

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)