Management Trends

Pospay Gandeng JD.ID Semarakkan Pasar E-commerce

Pospay Gandeng JD.ID Semarakkan Pasar E-commerce
Penandatanganan MoU antara Direktur Utama Pos Indonesia Faizal R. Djoemadi dan kuasa Direksi JD.ID Sandi Permadi.

PT Pos Indonesia (Persero) telah menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Jingdong Indonesia Pertama (JD.ID) agar dapat bersaing untuk memberikan solusi dalam layanan kurir, logistik dan sistem pembayarannya.

MoU yang ditandatangani oleh Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dan kuasa Direksi JD.ID Sandi Permadi dan dihadiri oleh Direktur Bisnis Jaringan Dan Layanan Keuangan Pos Indonesia Charles Sitorus dan Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana bertujuan untuk turut melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, pada khususnya di bidang pelayanan jasa pos dan giro bagi masyarakat.

Lebih lanjut Faizalmenyatakan apresiasi atas terciptanya kolaborasi ini. Ia menyebutkan bahwa hal ini selaras dengan 7 transformasi bisnis yang sedang dilakukan oleh Pos Indonesia. “Kerja sama Pos Indonesia dan JD.ID sejalan dengan transformasi bisnis dan produk yang ada di Perusahaan, di mana PT Pos secara kontinyu terus melakukan perubahan, pengembangan dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi termasuk dalam rangka menggaet pasar e-commerce di Indonesia,” ujar Faizal.

Faizal menyebutkan bahwa kolaborasi tersebut lebih dar e-commerce platform (marketplace). Apa pun alasan dipilihnya JD.ID sebagai mitra ia pun mengungkapkan, “JD.ID memiliki kekuatan di bidang bisnis Retail (B2C), yang menyediakan layanan B2B solutions mulai dari pengadaan inventory, jasa warehouse, fulfillment dan layanan logistic untuk pelanggan-pelanggan korporasi. Dalam hal ini JD.ID juga menjadi e-commerce enabler”.

Ia menambahkan bahwa strategi O2O (online to offline) yang dijalankan oleh JD.ID juga merupakan hal yang membedakan dengan platform lainnya. Melalui pengembangan keberadaan toko offline sampai kepada fitur Nearby Shops memungkinkan JD.ID memberikan kemudahan dan fleksibilitas layanan bagi pelanggan baik melalui online maupun offline. Hal ini selaras dengan keberadaan Pospay sebagai layanan transaksi keuangan digital Giro Pos.

“Pospay adalah solusi terciptanya cashless community. Strategi O2O (online to offline, offline to online) yang digunakan Pospay meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam bertransaksi digital. Orang bertransaksi melalui gadget mereka, namun mereka tahu bahwa uang mereka berada di tempat yang aman, karena Kantor Pos bisa ditemukan dengan mudah dimana-mana. Tentunya tidak ada lagi keraguan dalam bertransaksi apapun dengan Pospay,” tambah Faizal.

Sementara itu Direksi JD.ID Sandy Permadi dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa ia turut menyambut baik kerjasama strategis antara JD.ID dengan Pos Indonesia. “Melalui kerja sama ini, kami berharap agar para pelanggan dapat menikmati lebih banyak lagi fasilitas yang memudahkan, mulai dari layanan kurir, logistik, serta pembayaran. Kami pun begitu antusias untuk memperkenalkan para pelanggan kami layanan pembayaran terbaru dari Pos Indonesia, PosPay, yang merupakan produk evolusi dari layanan pembayaran Giropos. Dengan PosPay, kami percaya, pengalaman belanja dan bertransaksi di JD.ID akan jadi semakin mudah.”

Ada pun ruang lingkup kerjasama ini adalah kegiatan yang meliputi layanan transaksi keuangan, kurir dan logistik dan layanan lainnya, yakni: penyediaan layanan kurir, logistik maupun fulfillment dari Pos Indonesia dan untuk ekosistem bisnis JD.ID; penambahan opsi layanan pembayaran untuk produk dan jasa yang terdapat pada ekosistem bisnis JD.ID melalui layanan Pospay yang dimiliki oleh Pos Indonesia; serta kerja sama lainnya yang dapat disepakati dari waktu ke waktu oleh masing-masing pihak berdasarkan pertimbangan bisnis yang wajar oleh para pihak.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved