PPM dan ICAEW Tingkatkan Kompetensi Akuntan

Jpeg Jpeg

Untuk mempersiapkan sumber daya manusia di era global terutama untuk profesi akuntan, PPM, institut manajemen pertama di Indonesia menjalin kerja sama dengan Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW). Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan berbagai badan akuntansi profesional nasional dalam rangka mengembangkan bakat dan memajukan profesi akuntan di Indonesia.

ICAEW sendiri merupakan lembaga analisa ekonomi yang memberikan gambaran besar atau laporan mengenai kinerja ekonomi dari Asia Tenggara untuk 144 ribu anggotanya.

Direktur Regional ICAEW Asia Tenggara, Mark Billington, mengatakan ICAEW memiliki komitmen untuk senantiasa memperkuat dan mendukung profesi akuntan dan keuangan di ASEAN, salah satunya dalam membantu memajukan profesi tersebut di Indonesia.

Kerja sama antara PPM School of Management (PPM SoM) dan The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) akan segera dilaksanakan di tahun ajaran baru. Sebelumnya, harus ada penyesuaian antara program sertifikasi dari ICAEW dengan kurikulum PPM agar lulusan PPM nantinya bisa menjadi akuntan yang bisa bersaing. Dengan demikian, kompetensi masyarakat Indonesia umumnya dan mahasiswa PPM SoM khususnya di bidang Ilmu Akuntansi dan Keuangan.

Selain mendukung pengembangan kompetensi secara keilmuan, kerja sama ini juga menjadi langkah awal bagi mahasiswa/masyarakat untuk memasuki dunia praktik profesi akuntansi dengan menyandang gelar chartered accountant yang tersertifikasi secara internasional.

Sebagai sebuah lembaga sertifikasi profesi akuntansi tertua di Inggris, ICAEW telah berhasil mencetak banyak ahli dan tokoh kenamaan dunia yang memiliki latar belakang sebagai chartered accountant. Salah satunya ialah Tony Fernandes, CEO Air Asia yang memiliki sertifikasi Chartered Accountant dari ICAEW dan hingga saat ini masih menjadi salah satu member dari ICAEW.

ICAEW chapter Asia Tenggara mulai mengembangkan keberadaannya dengan membuka cabang di Indonesia sejak awal tahun 2015 ini. Sebagai langkah awal eksistensi keberadaannya, ICAEW menggandeng 5 Perguruan Tinggi terbaik di Jabodetabek sebagai mitra strategis mereka, salah satunya adalah PPM SoM.

Kerja sama antara PPM SoM dengan ICAEW akan membuka peluang bagi mahasiswa program Sarjana Akuntansi Bisnis (SAB) maupun program Sarjana Manajemen Bisnis (SMB) PPM SoM untuk mendapatkan certificate level bidang akuntansi yang diakui oleh dunia internasional. Namun, selain program sertifikasi tersebut, kerjasama ini juga akan menyasar pada beberapa aktivitas yang bermanfaat seperti penerapan Partner in Learning Program, University Student Scheme, Student & Lecture Development, Sharing Resources, dan riset. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)