PPM Gelar Kompetisi Kasus Bisnis Tingkat Asia

 

PPM School of Management (PPM SoM) kembali menggelar PPM Regional Business Case Competition (RBCC).

RBCC kali ini merupakan tahun ke-9 gelaran akbar kompetisi kasus bisnis tingkat Asia. RBCC diadakan oleh PPM SoM yang kasusnya dibuat oleh Research Center and Case Clearing House (RC-CCH), sebuah divisi strategis PPM SoM yang kesehariannya membawahi tugas riset, dan menggiatkan penulisan kasus bisnis tidak hanya untuk kalangan internal PPM SoM, pun untuk kalangan pendidikan dilingkup nasional dan regional.

Husni Fatahillah Siregar Corporate Communication Manager mengatakan kegiatan RBCC adalah mengangkat kasus bisnis dari perusahaan-perusahaan lokal terkemuka di Indonesia. Tahun ini RBCC mengangkat kasus bisnis dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, yang merupakan salah satu bank dengan aset terbesar di Indonesia. Terpilihnya Bank Mandiri menjadi sebuah bukti bahwa pemain besar dalam industry financial di Indonesia ini peduli pada kemajuan bangsa serta berkontribusi aktif pada perkembangan dunia pendidikan tanah air.

Dalam ajang ini, mahasiswa Magister Manajemen (MM dan setara) dari berbagai perguruan tinggi menggunakan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang mereka serap sepanjang studi untuk berkompetisi dalam hal kualitas analisis, sintesis dan presentasi kasus bisnis yang belum pernah dipublikasikan.

Tahun ini peserta yang mendaftar sebanyak total 58 tim, yang berasal dari 10 universitas di Asia. Setelah dilakukan seleksi terpilih 9 tim dan berhak ‘berdebat’ mempertahankan solusinya untuk memecahkan kasus bisnis tahun ini pada hari Rabu 15 November 2018 di Mandiri University Jakarta.

Satu hari sebelum masuk babak debat (14/11/2018) peserta diajak berkunjung ke Bank Mandiri. Pada kunjungan tersebut, para peserta mendapatkan pemahaman dan meningkatkan pengetahuan secara langsung mengenai program immigrant workers dari Bank Mandiri yang merupakan kasus pada tahun ini. Mereka juga diajak bertemu secara langsung dengan immigrant workers yang telah berhasil dalam program ini.

PPM School of Management melalui RC-CCH telah banyak menghasilkan kasus bisnis yang bercita rasa lokal, namun tetap mengacu pada perubahan yang terjadi di dunia bisnis global. Kasus bisnis tersebut selanjutnya dimanfaatkan sebagai bahan ajar, baik dalam ranah pendidikan formal, maupun dalam beragam pelatihan manajemen yang tidak hanya dimanfaatkan oleh PPM SoM namun oleh entitas pendidikan manajemen lainnya, baik nasional maupun internasional.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)