Program Lingkungan Astra Jadi Pusat Perhatian di COP 21

PT Astra International (Astra) menanami kembali 1.000 pohon berbagai jenis, seperti alpukat, jeruk, jeruk limo, nangka, dan petai, di lereng Kaki Gunung Geulis, Kampung Tunggilis, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (2/12).

Pepohonan tersebut ditanam dengan pola tumpang sari serta melibatkan sekitar 50 staf anak perusahaan dan tiga dari lima penerima Penghargaan Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia.

Program adopsi pohon yang mengikutsertakan petani ini dipilih Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia sebagai tema solusi terhadap perubahan iklim untuk kemudian difilmkan dan diputar di paviliun Indonesia dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim atau COP 21.

Foto 1(2)

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Astra, Yulian Warman mengatakan kegiatan menanam pohon pertama kali dilakukan tahun 2010 di lereng Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP), Kampung Pasir Sarongge, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, dan hingga 2014 di Pasir Sarongge sudah tertanam sebanyak 4.500 bibit pohon.

"Penanaman pohon di Tunggalis adalah yang dua kalinya. Pertama pada 2014 lalu 1.000 pohon, sehingga di Tunggalis Astra telah menanam 2.000 pohon dengan total luasan lahan 10 hektare," kata dia dalam rilisnya.

Dari biaya Rp 100.000 perpohon yang diadopsi, para petani mendapat bagian besar 35% yang digunakan untuk berternak kelinci, ayam atau kambing sebagai bentuk dari investasi jangka pendek. Dengan demikian, program ini dapat memberdayakan para pertani di sekitar wilayah tersebut agar dapat berternak selain bertani.

Para petani juga diberi pelatihan manajemen pengolahan uang serta penanaman pohon, agar program ini dapat berjalan dengan baik serta memberikan keuntungan yang maksimal. Dari kegiatan itu, diperkirakan para petani dapat memanen buah-buahnya dalam tiga hingga empat tahun mendatang.

Sejak 2008, Astra secara konsisten telah menanam sebanyak 3.393.841 pohon di banyak wilayah di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan tersebut menjadi bagian dari salah satu pilar kegiatan cooporate sosial responsibility (CSR) Astra yang terdiri dari pendidikan, lingkungan, Usaha Kecil & Menengah (UKM) serta kesehatan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)