Proyek AKR Land, Hotel Bintang 6 Hingga Pelabuhan Terbesar di Indonesia

AKR Land Development, salah satu anak perusahaan AKR Group dan sister company AKR CorporindoTbk., memiliki sejumlah proyek properti di Indonesia.

foto by: Lila Intana foto by: Lila Intana

Widijanto, Managing Director AKR Land Development, mereka saat ini ada di enam lokasi. Pertama ada di wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di sana merupakan lokasi kantor pusat AKR Land yaitu Wisma AKR dan disebelahnya dibangun sebuah mega proyek senilai Rp 3,5 triliun yakni “Gallery West”.

Gallery west merupakan central business district (CBD) baru yang terdiri dari office dengan unit total 200-an unit, residential 300-an unit dan Hotel Aloft yang memiliki  140 kamar. Pembangunan mulai dilakukan pada 2013 ini dan akan selesai secara serentak pada akhir Desember 2015.

“Setiap kami menggarap proyek, kami bangun secara serentak. Sebab jika dilakukan secara bertahap, pembeli sering terganggu aktivitas pembangunan. Pembangunan secara serentak ini tidak bisa dilakukan dengan dana yang terbatas. Untuk pendanaan kami ada pinjaman bank dan dari dana masyarakat, tapi yang terbesar berasal dari kas internal,” kata Widijanto.

Di Manado, AKR Land juga sudah memiliki Hotel Novotel Manado Golf Resort & Convention Center dan Maret ini akan meresmikan mall di wilayah Grand Kawanua International City di Manado, Sulawesi Utara. Di lokasi yang sama, ada juga perumahan Casa de Viola, konsepnya sangat menarik yakni satu-satunya perumahan di Manado yang punya pemandangan lapangan golf. Harganya pun masih Rp 400 jutaan.

“Grand Kawanua International City ini luasnya mencapai 300 hektar. Ada hotel, perumahan, rumah sakit, tempat menikah, sekolah, shopping mall, contvention, water park dan 18 golf hole course. Ini seperti kota mandiri di BSD dan Alam Sutera.”

Sementara di Bali, AKR Land sudah menyelesaikan proyek Novotel Nusa Dua dan akan membangun hotel bintang enam  di Ubud, yaitu Sofitel. “Saat ini kami sedang mengadakan pembicaraan manajemen hotel dengan pihak Accor yang memegang brand Sofitel,” ucapnya.

Di Surabaya, tepatnya di Gubeng, AKR Land akan membangun lima tower yang terdiri dari 30 lantai perkantoran, 34 lantai apartemen, hotel, services apartement dan luxurius residential.  Proyek ini tahun 2014 kuartal I sudah mulai dibangun. Kemudian ada pula proyek yang akan segera dibangun di Bandung.

Dari proyek-proyek di atas, AKR punya super mega proyek yakni membangun sebuah pelabuhan terbesar dan terdalam di Indonesia. Lokasinya akan berada di Gresik, Jawa Timur.

Luas lahan pelabuhan ini mencapai 3000 hektar (6km x 5km) dan akan dikembangkan dalam 15 tahun ke depan. Lebih besar dari Tanjung Priok dan Tanjung Perak.

“Saat ini kan kapal laut yang mau masuk ke Indonesia harus berhenti untuk bongkar muat ke kapal yang lebih kecil di Singapura atau Malaysia, sebab kedalaman pelabuhan kita cuma 14 meter.”

Di proyek ini AKR Land bekerjasama dengan Pelindo. Investasinya mencapai  puluhan triliun. “Angka tepatnya kami belum bisa pastikan, masih dalam tahap penghitungan,” tambahnya. (EVA)

Leave a Reply

2 thoughts on “Proyek AKR Land, Hotel Bintang 6 Hingga Pelabuhan Terbesar di Indonesia”

Victaulic Mechanical piping systems offer an alternative to welding, threading, and flanging, mohon diberikan kesempatan untuk presentasi Victaulic ready instalation. HVAC & Fire Protection
by iwan, 10 Dec 2014, 22:03
Nata Teknik berkenan untuk bekerjasama dalam pengembangan proyek Hotel di Bali, Khususnya di Bidang pengadaan alat teknik; bor,grinda,genset,kompresor,dll, khusus untuk proyek,kami akan berikan harga spesial untuk anda. Untuk Info Lebih Lanjut, Silahkan Hubungi Kami: www.natateknik.com email: jayanatateknik@gmail.com phone: (0361) 8002121
by nata teknik, 03 Apr 2014, 21:20

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)