Proyek MRT Butuh Regulasi Ini

Mimpi Indonesia memiliki Mass Rapid Transit (MRT) akan segera menjadi kenyataan. Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta Korodor Selatan-Utara Fase 1 (Lebak Bulus -Bundaran HI) sudah mencapai separuhnya.

"Dengan rincian, untuk pekerjaan proyek pada struktur layang telah menyelesaikan 33,81% dan struktur bawah tanah sebesar 68,05%," kata Direktur Utama PT MRT Dono Boestami.

Secara umum pekerjaan konstruksi yang tengah dilakukan saat ini terkait pekerjaan konstruksi area depo MRT, pekerjaan pembuatan pondasi kolom jalur dan kolom untuk stasiun layang, pekerjaan pembangunan struktur stasiun bawah tanah, serta pekerjaan pembuatan terowongan jalur bawah tanah.

Pembangunan Konstruksi MRT Pembangunan Konstruksi MRT

Menurut dia, lahan tak lagi menjadi kendala. Saat ini, lahan yang belum dibebaskan (free and clear) hanya tinggal 10%. Masalah lahan ini juga yang membuat penyelesaian pekerjaan bawah tanah sedikit lebih cepat dengan yang jalan layang.

Meski begitu, ia yakin pembangunan proyek MRT tidak akan terkendala dan diharapkan sudah bisa beroperasi 2019 mendatang. Yang justru masih menjadi masalah terbesar adalah regulasi pendukung operasional sarana transportasi massal tersebut.

Saat ini, regulasi seperti terkait dengan sistem persinyalan blok bergerak (moving block), sistem pengoperasian kereta otomatis(automatic train operation), dan sistem pengendalian operasi kereta secara terpusat masih dibahas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

“Itu belum termasuk regulasi yang mengatur sumber daya manusianya. Mereka yang terlibat harus sudah memiliki sertifikasi. Siapa yang berhak memberi sertifikasi, apa saja syaratnya. Regulasi ini juga harus dipikirkan,” katanya.

Misalnya, seorang masinis yang mengoperasikan sistem harus sudah punya jam terbang 4.000 jam. Itu belum termasuk izin frekuensi dan kavling gandengan gerbong yang semuanya harus sudah memiliki sertifikasi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)