I-System Asia Hadirkan Profesor CRM Pertama di Dunia

IMG_20150415_101221

Setelah berhalangan hadir pada kesempatan acara CRM Reloaded yang diselenggarakan oleh PT Inter System Asia pada bulan Februari 2015 lalu, kini sang Guru International Marketing dan CRM hadir di tengah-tengah para peserta yang telah ditunggu-tunggu kehadirannya. Adalah Francis A Buttle, profesor perdana bidang CRM di dunia, yang mendapat beberapa gelar profesor marketing dan CRM dari Macquarie Graduate School of Management, Australia dan Profesor of Marketing dan CRM dari Manchester Business School UK, dan Profesor Relationship Marketing dari Cranfield School of Management UK.

Sebuah kesempatan istimewa menyerap informasi dan edukasi dari sang maestro. Meski tidak seramai saat acara CRM Reloaded yang lalu, namun antusias peserta sangat menggebu. Hal ini tampak dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh beberapa persrta perwakilan perusahaan yang bermarkas di Jakarta.

Seperti perwakilan dari Telkomsel yang menanyakan tentang aplikasi CRM bagi Business to Business (B2B) dan Business to Costumer (B2C). "Apakah CRM dapat diterapkan dalam ke dua bisnis tersebut atau hanya untuk B2C?" ungkap perwakilan dari PT Telkomsel saat sesi tanya jawab dengan Francis A Buttle di Royal Kuningan Hotel di Jakarta (14/4/2015).

Akademisi yang lahir di United Kingdom dan melanglang buana di Amerika Utara, Eropa dan Australia itu, menjelaskan jika CRM sangat aplikatif untuk ke dua bisnis tersebut. Karena CRM adalah sebuah strategi bisnis yang dapat meningkatkan performa perusahaan dengan pendekatan pada kebiasaan (behaviour) pelanggan. Apalagi dengan perubahan gaya kostumer sekarang yang makin berkembang, CRM sangat aplikatif untuk memelihara hubungan yang baik dengan kostumer tersebut.

"Untuk menerapkan CRM, setidaknya harus melengkapi beberapa faktor, di antaranya: Leadership yang mencakup komitmen, budaya dan fokus pada kebutuhan kostumer. Ke dua human resource (SDM), yang mencakup skill dan kepekaan dan respon kepada kostumer tentang ekpektasi mereka pada perusahaan. Dan selanjutnya menggunakan teknologi yang berbasis pada data kostumer," terang Buttle.

Konsultan Marketing dan CRM dari berbagai organisasi dan perusahaan di dunia itu menambahkan, diantara manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan CRM disebuah perusahaan adalah: meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya karena segmen pasar yang lebih terarah dan tepat sasaran, meningkatkan efisiensi operasional dan tentunya sangat membantu dalam peningkatan profit perusahaan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)