PTPN III Holding Implementasikan ERP

PTPN III (Persero) Holding melakukan kick off pilot project implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis SAP dengan pola managed services. Sistem ERP dibutuhkan untuk mengintegrasikan data secara real time di seluruh PTPN mulai dari PTPN I hingga PTPN XIV dengan cepat, efektif, dan efisien.

Tujuannya adalah untuk mendukung proses pengambilan keputusan secara cepat dan tepat menggunakan data dan informasi yang terintegrasi secara akurat, tepat waktu, serta dapat meningkatkan kualitas dan ketepatan pelaporan internal dan eksternal, termasuk ke holding.

Direktur Korporasi dan Keuangan PTPN III (Persero) Holding Erwan Pelawi mengatakan implementasi IT sangat dibutuhkan di tengah persaingan industri yang kian sengit. Teknologi ERP dibutuhkan untuk mengintegrasikan data di seluruh PTPN dengan cepat, secara real time mengingat wilayah kerja PTPN Holding tersebar di seluruh Nusantara.

Kebun tebu (foto: ilustrasi) Kebun tebu (foto: ilustrasi)

“Kunci sukses implementasi ERP ini adalah komitmen dari seluruh manajemen, mulai dari Direksi sampai level karyawan. Secanggih apapun sistem dibuat kalau yang menjalani tidak komit dan konsisten tidak akan berhasil optimal,” kata dia dalam rilisnya.

Strategi Implementasi ERP di PTPN III (Persero) Holding akan dilakukan secara bertahap yaitu pertama, penyusunan global template, dimana seluruh perwakilan PTPN melakukan harmonisasi bisnis proses dan penyusunan global template PTPN.

Kedua, pilot project, tahap awal implementasi ERP akan dilakukan di Kantor Holding, PTPN XI (untuk tanaman semusim) dan PTPN V (untuk tanaman tahunan). Ketiga, roll out, setelah berhasil di pilot project akan dilakukan roll out ke seluruh PTPN. Keempat, business planning & consolidation (BPC) dan kelima, businness intelligent- dashboard. Seluruh tahapan tersebut telah ditargetkan selesai pada Maret 2018.

Adapun modul-modul ERP yang akan diimplementasikan di PTPN meliputi modul AGRI (tanaman semusim dan tahunan), modul FI (finance), modul CO (controlling), modul PM (Plant Maintenance), modul PS (Project System), modul PP (Project Planning), modul QM (Quality Management), modul SD (Sales and Distribution), dan modul MM (Material Management), serta modul BI (Business Intelligence) dan BPC (Business Planning and Consolidation).

ERP yang digunakan oleh PTPN adalah SAP (System Application and Product in data processing) yang merupakan aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia dan merupakan best practice yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam Forbes Global.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)