Rachmat Gobel: Buruh Jangan Terus Memprotes Soal Upah

 

Executive Advisor PT Panasonic Gobel Indonesia Rachmat Gobel meminta kalangan buruh tak terus-menerus memprotes soal upah. "Jangan minta dinaikkan upahnya saja, kualitas tenaga kerja juga harus ditingkatkan," katanya di Jakarta, Sabtu, 6 Februari 2016.

Rachmat Gobel, Saat Serah Terima Jabatan sebagai Menteri Keuangan kepada Thomas Lembong Rachmat Gobel, Saat Serah Terima Jabatan sebagai Menteri Keuangan kepada Thomas Lembong

Gobel mengungkapkan, pelemahan ekonomi saat ini seharusnya menjadi momentum untuk meningkatkan pertumbuhan sektor industri. Untuk itu, peran dan kualitas tenaga kerja di sektor tersebut harus ditingkatkan.

Menurut Gobel, yang berperan dalam menyumbangkan keuntungan bagi perusahaan adalah karyawan yang bekerja. Karena itu, kualitas pendidikan dan pelatihannya harus terus digenjot agar keterampilan para pekerja semakin terasah. Dengan begitu, Indonesia tak hanya menawarkan tenaga kerja dengan upah murah, tapi juga berkualitas.

Dengan demikian, kata mantan Menteri Perdagangan ini, jika perusahan tersebut hengkang dari Indonesia dan mencari pasar di negara lain, tenaga kerja ini tidak panik. Tenaga kerja malah dapat mengambil alih usaha tersebut. "Melalui peningkatan kualitas tenaga kerja pulalah kita memanusiakan manusia," ujarnya.

Direktur Penyelesaian Perselisihan Kementerian Tenaga Kerja Sahat Sinurat mengingatkan soal peran pekerja dalam sebuah industri. Pemerintah selalu berusaha membina serikat pekerja dan pengusaha, di antaranya dengan menggelar pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para pekerja.

Namun, kata Sahat, peran pengusaha juga tak bisa dihindarkan. Ia mendorong untuk meningkatkan dialog antara tenaga kerja dan manajemen perusahaan. "Untuk mendukung pertumbuhan tenaga kerja, perlu disokong hubungan industrial di perusahaan.”

Tempo.co

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)