Rahasia MAK Tak Goyah di Tengah Resesi

Krisis ekonomi global tak membuat PT Mega Andalan Kalasan (MAK) sempoyongan. Ekspor mereka justru melesat seiring tingginya permintaan peralatan rumah sakit. Itu semua seiring meningkatnya kesadaran pemerintah terus memperbaiki tingkat kesehatan masyarakatnya. Perusahaan yang berkantor di Yogyakarta ini telah mengekspor peralatan rumah sakit ke 40 negara.

"Tahun ini, ekspor justru meningkat drastis terutama ke Jepang. Ini karena kami mempunyai keahlian khusus dan market kami cuma ke hospital , klinik dan sejenisnya. Seperti di Indonesia, negara-negara di dunia juga ingin meningkatkan taraf kesehatannya," kata Dimas Prasetya, Managing Director MAK.

Buntoro, Komisaris dan Pendiri PT Mega Andalan Kalasan (MAK) Buntoro, Komisaris dan Pendiri PT Mega Andalan Kalasan (MAK)

Menurut dia, ekspor ke Jepang adalah OEM peralatan kesehatan rumahan. Pasar home care di Negeri Sakura itu sedang tumbuh dengan cepat. Tahun lalu, nilai ekspor ke Nippon mencapai sekitar US$ 1 juta. Untuk membuka pasar, mereka menggandeng pemain alat kesehatan terbesar nomor dua di sana. Mereka telah mengekspor 15.313 homecare bed ke Jepang yang didistribusikan ke Nagoya, Tamakomai, Yokkaichi, Hakata, Saga, Tokyo, Kobe, Shimizu.

Dia menjelaskan, perseroan menghadapi banyak tantangan dalam pemasaran karena pasar mereka yang terbatas hanya rumah sakit, klinik, dan sejenisnya. Persaingan harga di pasar internasional juga kian ketat. Itu belum termasuk hambatan ekspor dan impor bahan baku. Untuk mengatasinya, perseroan aktif membuka pasar baru dengan mengikuti pameran internasional.

"Kami selalu aktif dalam pameran, di dalam pameran itu kami bertemu dengan calon-calon pembeli lalu kami bisa melihat calon pembeli yang potensial, kemudian akan terjadi transaksi lalu menjadi distributor kami setelah satu tahum kami review terlebih dahulu. Kami mengikuti pameran Arab Health di Dubai, UEA; pameran Medica di Dusseldorf, Jerman di 2016," kata dia.

Di Indonesia, MAK adalah satu-satunya pabrik alat kesehatan yang memproduksi hospital bed dengan desain yang Innovatif. Mereka juga memproduksi sendiri, mould, castor, panel, komponen-komponen lainnya. Perseroan juga mempunyai fasilitas cutting laser, pipe laser dan robotic welding. Perseroan juga bisa memproduksi peralatan kesehatan dengan desain sesuai keinginan pelanggan dengan ahli-ahli yang andal dan fasilitas yang mumpuni.

"Keunggulan MAK adalah kami membuat komponen sendiri sehingga itu yang membuat MAK bisa bersaing dalam cost delivery karena semua di kontrol oleh MAK. Kualitas yang kami berikan kualitas yang baik. Mungkin produk kami lebih mahal sedikit dari China tetapi kualitasnya beda jauh," ujar dia. (Reportase: Sri Niken Handayani)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)