Rahasia Reni Sitawati Siregar di Bisnis Kurir NCS

Dari hanya 5 orang kurir, Reni Sitawati Siregar membesarkan Nusantara Card Semesta (NCS) hingga memiliki 1.800 tenaga kurir dan 600 pegawai yang tersebar di 465 kantor cabang. Apa rahasianya? “Kuncinya adalah how to knowing the customers,” kata Reni yang menjabat CEO NCS ini.

Menurut dia, perseroan harus memahami apa keinginan pelanggan yang tentunya selalu berubah sesuai perkembangan zaman. Contoh, kartu kredit sebelumnya memiliki due date 45 hari kerja, kini berubah menjadi 15 hari kerja. “Masukan dari customer harus didengar, kami harus bisa beradaptasi, jangan defence,” ujarnya.

Tantangan kian berat dengan banyaknya startup yang ikut bermain dari dalam maupun luar negeri. Itulah kenapa perseroan sejak 2013 telah membangun sistem berbasis android, sehingga bisa digunakan di smartphone yang berbasis android. Saat ini, proses sosialisasi ke tenaga kurir masih berjalan.

“Jadi, kurir harus bersedia mengubah cara kerja. Dari yang biasanya manual, beralih ke aplikasi. Saat ini, NCS sedang re-engineering secara keseluruhan. Ganti sistem ini, Alhamdulillah ISO kami diperpanjang 3 tahun ke depan,” ujarnya.

Reni Sitawati Siregar, CEO Nusantara Card Semesta Reni Sitawati Siregar, CEO Nusantara Card Semesta

Yang berat justru bukan membangun sistem, melainkan mengubah orang yang sudah nyaman dengan sistem manual untuk mau berubah ke digital. Saat ini, baru 1.600 orang kurir yang menggunakan sistem berbasis android. Ke depan, Reni berharap aplikasi itu bisa dipakai sampai ke agen-agen di tingkat kecamatan di seluruh Indonesia.

“Tantangan masih ada, sebagian kurir masih malas mengisi data di aplikasi. Saya terapkan potongan komisi jika tak segera mengisi data di aplikasi setelah kiriman diterima. Saya katakan, NCS semakin dikenal orang jika mereka puas dengan layanannya. Pendapatan juga akan naik,” ujarnya.

Jasa yang diberikan NCS mencakup logistik, pergudangan, distribusi, pengiriman kargo, kurir, dan mailroom management. Saat ini, ia mengklaim sebagian besar bank di Indonesia telah menjadi jumlah klien NCS dengan BCA sebagai klien terbesar.

“Sekitar 90 bank yang ada di Jakarta sudah menggunakan jasa kami untuk pengiriman dokumen, jasa authorized kartu kredit dan pengiriman kartu kreditnya. Selain BCA, ada HSBC, DBS, Permata, Mandiri, Citibank, BNI, BRI, Bukopin, dan lainnya,” katanya.

Tak hanya dengan perbankan, NCS juga menggandeng asuransi serta perusahaan teknologi dan informasi. Terbaru, perseroan juga masuk ke e-commerce, seperti Lazada, BliBli, Berrybenka, Bilna, dan Rakuten. Ke depan, perseroan juga tengah memulai kerjasama dengan MNC Shop.

“Dengan menggunakan sistem digital, asumsinya ke depan akan jauh lebih cepat layanannya. Nantinya, kami juga akan diminta melayani COD. Kontrol keuangannya harus dijaga. Jangan sampai kami yang bobol,” katanya terbahak. (Reportase: Arie Liliyah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)