Management Technology Strategy

RBO Fokus Garap Mobile Commerce dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

RBO Fokus Garap Mobile Commerce dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Ryota Inaba,Presiden Direktur dan CEO RBO menjelaskan kesuksesan yang telah dirain selama 2013

Ryota Inaba,Presiden Direktur dan CEO RBO menjelaskan kesuksesan yang telah dirain selama 2013

Kesuksesan yang diraih tahun lalu tak lantas membuat Rakuten Belanja Online (RBO) berpuas hati. Hari Selasa (25/2) RBO sudah menyiapkan strategi menghadapi pasar e-commerce Indonesia setahun ke depan. E-commerce di Indonesia dianggap akan terus tumbuh positif dilihat dari kebiasaan masyrakat yang telah berubah.

RBO sendiri telah mencapai pertumbuhan yang kuat di tahun 2013, terjadi peningkatan sebanyak 152% pada gross merchandise value YoY. Sedangkan untuk angka pesanan yang dibayar juga tumbuh postif di angka 147% YoY. Seperti yang sudah diketahui RBO sudah berfokus pada penggarapan pasar mobile commerce yang ternyata cukup berdampak pada pertumbuhan yang terjadi tahun lalu.

“Kami sudah melakukan upgrade pada sistem yang kami gunakan di Juni 2013 dan ini berdampak pada mobile commerce. Angka kunjungan mobile kami meningkat menjadi 132%,” terang Ryota Inaba, Presiden Direktur dan CEO RBO.

Ryota Inaba,Presiden Direktur dan CEO RBO saat peluncuran RBO Official Acount LINE

Ryota Inaba,Presiden Direktur dan CEO RBO saat peluncuran RBO Official Acount LINE

Peningkatan yang terjadi di mobile commerce ini mendorong RBO bekerja sama dengan LINE. Kerja sama yang telah terjalin ini diharapkan akan membawa Rakuten lebih dekat dengan pelanggan. Rakuten Indonesia merupakan negara ke lima yang mengadopsi strategi ini.

“Offical account LINE pertama kali digunakan di Taiwan dan ini merupakan sukses besar sehingga akhirnya Rakuten Jepang ikut bekerjasama dengan LINE, lalu di awal tahun ini RBO meluncurkan official account,” tambah Ryota Inaba.

Selain semakin fokus dalam penggarapan mobile commerce, tahun ini Rakuten Belanja Online juga akan fokus pada pemberdayaan ekonomi lokal. Pertumbuhan jumlah member yang ada di luar Jakarta membuat RBO akan fokus pada pemberdayaan lokal.

Diakui Ryota yang akrab dipanggil Popeye, member yang berada di luar kawasan Jakarta meningkat menjadi 70% dari total keseluruhan member RBO. Fakta ini lah yang menjadikan RBO akan lebih agresif menjangkau daerah untuk merekrut lebih banyak pedang dari luar daerah Jakarta. Selain itu RBO akan terus melakukan seminar mengenai e-commerce seperti tahun 2013 yang lalu.

“Menjangkau daerah-daerah lain bertujuan agar UKM yang memiliki prodak unik yang berada di luar Jakarta dapat menjual prodaknya melalui platform e-commerce RBO,” tutup Ryota. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved