Realisasi Kredit Korporasi CIMB Niaga Meningkat 17%

Hingga akhir Maret 2012, PT Bank CIMB Niaga Tbk mencatatkan penyaluran kredit ke sektor korporasi sebesar Rp 40,84 triliun, meningkat 17% dari posisi yang sama tahun lalu yang mencapai R p34,97 triliun. Jumlah tersebut memberikan kontribusi sebesar 31% terhadap total kredit CIMB Niaga secara keseluruhan per 31 Maret 2012 yang mencapai Rp 129,83 triliun.

Catherine Hadiman, Wakil Presdir CIMB Niaga, mengatakan, dari total pembiayaan ke sektor korporasi tersebut, 70% merupakan fasilitas kredit investasi dan 30% adalah fasilitas kredit modal kerja. Adapun pembiayaan masih didominasi oleh sektor-sektor seperti kelapa sawit, batu bara, properti komersial, produk konsumer dan perdagangan ritel. Pertumbuhan kredit juga didorong oleh pembiayaan ke beberapa sektor industri lainnya seperti multifinance, minyak dan gas, telekomunikasi, transportasi, serta infrastruktur.

Menurut Catherine, pencapaian ini ditopang oleh sejumlah inisiatif yang dilakukan perbankan korporasi CIMB Niaga, di antaranya inisiatif strategis untuk mempertajam fokus pada segmentasi nasabah.

“Upaya ini kami lakukan melalui pembentukan unit-unit spesialis industri, yang masing-masing berkonsentrasi mengolah peluang pembiayaan di sektor-sektor industri yang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi, dan tentunya keberhasilan kami terutama disebabkan oleh hubungan baik dan dukungan yang kuat dari nasabah-nasabah kami. Oleh karena itu, kami berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada nasabah-nasabah setia kami,” ujar Catherine.

Dengan adanya nasabah yang merupakan perusahaan besar tersebut, dijadikan oleh CIMB Niaga sebagai akses untuk melakukan penetrasi ke jaringan-jaringan bisnis para nasabah tersebut, seperi pabrik, pemasok, perusahaan-perusahaan transportasi, dan distribusi. Ke depan, Catherine berharap, ditengah ketatnya industri perbankan serta kemungkinan tekanan inflasi, perbankan korporasi CIMB Niaga akan terus mendorong pertumbuhan penyaluran kreditnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)