Ribuan PNS Yunani Kena PHK, Belasan Ribu Lagi Di-PHK Tahun Depan

Menteri Keuangan Yunani, Yannis Stournaras, mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 4000 pegawai negeri sipil (PNS). Langkah tersebut merupakan bagian dari reformasi ekonomi yang sedang dijalankan negara yang tengah berupaya keluar krisis utang.

“Sebanyak 4000 PNS yang terkena PHK merupakan PNS yang berkinerja buruk. Pegawai yang kinerjanya buruk selanjutnya akan digantikan oleh wajah-wajah baru yang lebih mampu,” kata Stournaras.

Beberapa media Yunani melaporkan pemerintah telah setuju untuk memberhentikan 4000 PNS yang melayani sektor umum tahun ini dan 11000 PNS lagi di 2014.

Pengumuman tentang persetujuan reformasi dan pemutusan hubungan kerja ribuan PNS terjadi setelah diadakan perundingan selama berminggu-minggu. Perundingan menyangkut langkah-langkah yang perlu ditempuh Yunani sebelum menerima talangan dana (bailout) berikutnya. Dana talangan terbaru untuk Yunani ini mencapai lebih dari US$ 11 miliar.

PNS di Yunani mendapat jaminan pekerjaan selama hidup berdasarkan konstitusi yang disusun awal abad ke-20. Jaminan diberikan untuk melindungi PNS dari pemecatan tak adil atas dasar afiliasi politik mereka. Sayangnya, jaminan tersebut banyak disalahgunakan.

Krisis utang Yunani telah menyusutkan seperlima perekonomian negara tersebut sekitar sejak 2008 dan tingkat pengangguran yang mencapai rekor tertinggi. Uni Eropa terpaksa mengeluarkan bailout demi mengamankan perekonomian Eropa, syarat yang harus dijalani oleh Yunani adalah penghematan super ketat dan reformasi ekonomi.

Di tengah tuntutan penghematan super ketat tersebut, Yunani justru baru saja melanjutkan pembangunan empat jalan tol yang bernilai miliaran euro. Pemerintah negara itu mengatakan pembangunan empat jalan tol tersebut akan dapat merangsang pertumbuhan ekonomi. (Lila Intana/BBC)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)