Ricky Afrianto, Ingin Memberikan Value kepada Perusahaan

Ricky Afrianto, Global Marketing Director PT Mayora Indah Tbk., berhasil membawa brand Roma dari Mayora menjadi market leader untuk katagori biskuit di Indonesia. Dia memiliki filosofi dalam menjalankan pekerjaannya di bidang marketing yang berbunyi “Marketing is one of the biggest and longest battle in human history. The bad news and the good news: it’s never ending battle and never ending journey!”. Berikut penuturan Ricky kepada Dadi A. Salim dari SWA Online mengenai passionnya dan strateginya dalam menjalankan pekerjaannya:

Rifky Afrianto, Global Marketing Director PT Mayora Indah Tbk. Rifky Afrianto, Global Marketing Director PT Mayora Indah Tbk.

Apa yang membuat kompetensi Anda selalu “pas” dengan kebutuhan pasar?

Menurut saya dunia marketing itu sangatlah dinamis. Oleh karena itu saya selalu berusaha untuk terus belajar untuk dapat berkompetisi dan dapat menyesuaikan dengan pasar. Selain itu, juga berusaha memahami bagaimana untuk bisa sukses dan bila gagal saya berusaha juga untuk memahami apa yang menyebabkan saya gagal. Oleh karena itu saya selalu berani untuk mencoba hal baru untuk menjawab tantangan seperti itu.

Bagaimana cara terus meningkatkan kompetensi baik yang terkait dengan bidang yang Anda tekuni maupun di bidang leadership?

Untuk dapat meningkatkan kompetensi, saya banyak membaca. Saya tidak hanya membaca tentang marketing, tapi juga mengenai leadership sampai psikologi. Selain itu, juga saya banyak mendengarkan pengalaman dari orang lain dan melakukan pengamatan. Yang terpenting dari semua itu adalah setelah mendapatkan sesuatu yang baru dari membaca, mendengarkan, dan belajar langsung baik di tempat kerja (on the job training) maupun mengikuti pelatihan adalah menerapkan hal baru tersebut.
Saya juga suka mencari partner untuk berdiskusi mengenai bidang yang diminati. Zaman sekarang sangat mudah untuk dapat megikuti perkembangan di bidang yang kita minati secara online. Dari membaca artikel hingga mem-follow twitter orang yang kita minati, semua bisa dilakukan dengan online.

Bagaimana cara Anda “mengisi baterai” sehingga terus update dengan perkembangan?

Untuk mengisi energi harus punya passion. Karena dengan adanya passion, maka bekerja akan memberikan tiga hal, yaitu: learning, contribuitng dan having fun. Tiga hal inilah yang membantu saya menjalani profesi dan dari situ pula saya dapat mengisi energi saya kembali.

Mayora Ricky

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)