Ricky Afrianto, Ingin Memberikan Value kepada Perusahaan

Ricky Afrianto, Global Marketing Director PT Mayora Indah Tbk., berhasil membawa brand Roma dari Mayora menjadi market leader untuk katagori biskuit di Indonesia. Dia memiliki filosofi dalam menjalankan pekerjaannya di bidang marketing yang berbunyi “Marketing is one of the biggest and longest battle in human history. The bad news and the good news: it’s never ending battle and never ending journey!”. Berikut penuturan Ricky kepada Dadi A. Salim dari SWA Online mengenai passionnya dan strateginya dalam menjalankan pekerjaannya:

Rifky Afrianto, Global Marketing Director PT Mayora Indah Tbk. Rifky Afrianto, Global Marketing Director PT Mayora Indah Tbk.

Apa yang membuat kompetensi Anda selalu “pas” dengan kebutuhan pasar?

Menurut saya dunia marketing itu sangatlah dinamis. Oleh karena itu saya selalu berusaha untuk terus belajar untuk dapat berkompetisi dan dapat menyesuaikan dengan pasar. Selain itu, juga berusaha memahami bagaimana untuk bisa sukses dan bila gagal saya berusaha juga untuk memahami apa yang menyebabkan saya gagal. Oleh karena itu saya selalu berani untuk mencoba hal baru untuk menjawab tantangan seperti itu.

Bagaimana cara terus meningkatkan kompetensi baik yang terkait dengan bidang yang Anda tekuni maupun di bidang leadership?

Untuk dapat meningkatkan kompetensi, saya banyak membaca. Saya tidak hanya membaca tentang marketing, tapi juga mengenai leadership sampai psikologi. Selain itu, juga saya banyak mendengarkan pengalaman dari orang lain dan melakukan pengamatan. Yang terpenting dari semua itu adalah setelah mendapatkan sesuatu yang baru dari membaca, mendengarkan, dan belajar langsung baik di tempat kerja (on the job training) maupun mengikuti pelatihan adalah menerapkan hal baru tersebut.
Saya juga suka mencari partner untuk berdiskusi mengenai bidang yang diminati. Zaman sekarang sangat mudah untuk dapat megikuti perkembangan di bidang yang kita minati secara online. Dari membaca artikel hingga mem-follow twitter orang yang kita minati, semua bisa dilakukan dengan online.

Bagaimana cara Anda “mengisi baterai” sehingga terus update dengan perkembangan?

Untuk mengisi energi harus punya passion. Karena dengan adanya passion, maka bekerja akan memberikan tiga hal, yaitu: learning, contribuitng dan having fun. Tiga hal inilah yang membantu saya menjalani profesi dan dari situ pula saya dapat mengisi energi saya kembali.

Mayora Ricky

Siapa yang menjadi sparring partner Anda agar bisa terus tertantang?

Yang membuat saya terus tertantang itu adalah konsumen. Karena menurut saya sebagai seorang marketer saya tertantang untuk berusha memahami konsumen. Karena ini adalah dasar dari keberhasilan kita. Percaya atau tidak, dari konsumen saya banyak belajar tentang simplicity and relevancy dan banyak hal lainnya yang mungkin tidak terpikir sebelumnya.

Selain dari konsumen juga dari pemilik perusahaan, atasan saya, bawahan, teman kerja (cross functional), partner (agency baik advertising, creative agency, BTL agency, PR agency, research agency hingga distributor dll). Intinya semua orang atau divisi di mana saya berinteraksi bersama. Jadi sparring partner saya selalu berubah, tergantung konteks dan topik yang dibahas. Bahkan reseptionis pun bisa jadi partner saya ketika ingin memahami perilaku tamu yang membeli atau mengkonsumsi produk kami ketika mereka menunggu. Karena intinya, dengan mau mendengarkan orang setiap hari ada saja yang kita pelajari dari mereka yang sebetulnya jika kita sadari juga merupakan konsumen. Dan yang terakhir tentunya dari saudara, yang tidak hanya memberikan motivasi tapi juga contoh agar terus maju.

Bagaimana menjaga motivasi agar terus tinggi?

Karena tiga hal yang tadi saya sebutkan, yaitu kerja harus memberikan kita kesempatan untuk learning, contributing and at the same time to have fun. Jika salah satu faktor tidak tercapai, ini yang menyebabkan motivasi seseorang untuk bisa berkurang bahkan hilang.

Apa saja faktor yang bisa membuat Anda terus bergairah dalam bekerja?

Sebenarnya sama bahwa saya ingin berkontribusi, dan hal ini bisa saya berikan jika saya terus mendapatkan kesempatan untuk belajar. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah kerja juga harus membuat kita merasa nyaman dan gembira karena sebagian waktu kita habiskan di kantor (min 8 jam di habiskan di tempat kerja).

Menurut Anda, apa saja benefit yang harus diberikan perusahaan agar eksekutifnya terus merasa tertantang dan mau mencurahkan segala kompetensinya?

Pertama bagaimana kita merasa bahwa kehadiran kita bisa memberikan value kepada perusahaan, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada dan memberikan kontribusi. Saya rasa hal ini sangatlah penting sebagai motivasi kita dalam bekerja.

Yang tidak kalah penting adalah kesempatan untuk selalu maju selalu ada dan kita menyadari bahwa hal ini dicapai jika 2 hal terpenuhi yaitu: perusahaan melihat kita memang mampu dan bisa memberikan konstribusi. Kedua, kita mempunyai kesempatan untuk terus upgrade diri kita secara terus menerus dan maju sejalan dengan waktu. Karena tanpa hal ini, kontribusi kita semakin lama akan semakin berkurang.

Sejauh mana faktor gaji dan fasilitas bisa membuat para eksekutif mau bekerja dengan baik?

Menurut saya untuk level tertentu gaji dan fasilitas tetaplah penting. Akan tetapi faktor di luar gaji dan fasilitas juga sangat memengaruhi, seperti bagaimana kontribusi kita kepada perusahaan dan seberapa besar kesempatan kita untuk bisa maju dan mendapatkan role yang lebih besar. Karena bagi saya, gaji dan fasilitas itu adalah output yang sejalan dengan input. Dalam hal ini adalah kontribusi dan kemampuan kita. Jika kita dilihat mampu dan dinilai memberikan kontribusi, maka output akan mengikuti. This is the rule of thumb.

Apakah gaji dan fasilitas (remunerasi) yang diberikan perusahaan Anda saat ini sudah memadai?  Apa alasannya?

Bagi saya cukup, karena saya yakin perusahaan yang baik akan membayar sesuai kontribusi dan kemampuan kita. Dan yang terpenting bagi saya adalah saya bisa belajar, berkontribusi dan have fun saat ini.

Apa saja kiat-kiat Anda dalam berkarier sehingga posisi dan bargaining Anda terus meningkat?

Untuk dapat berkarier dan terus meningkat harus menentukan tujuan dan apa yang ingin kita capai dalam karier dan bekerja untuk mencapainya. Kita juga harus bekerja sesuai passion kita, dan berkontribusi bagi perusahaan. Hal ini tercapai hanya jika kita mau untuk terus belajar. Selain itu, bekerjalah untuk membangun brands, sehingga setiap yang kita lakukan akan memberikan pondasi kemajuan jangka panjang baik bagi perusahaan dan diri kita sendiri. Dan yang terakhir, berusaha memuaskan customer, karena ini dasar bagi keberhasilan semua bisnis.

Apa saja terobosan yang Anda buat selama menekuni jabatan terakhir saat ini?

Saya bersama-sama dengan tim membangun marketing sistem untuk memberikan clarity dan guidance bagi tim marketing kami di berbagai negara, di mana marketing system ini kami buat berdasarkan pengalaman, buku dan referensi yang kami adaptasi agar lebih mudah diterapkan tapi tetap memberikan clarity dan guidance yang jelas.

Bersama dengan tim juga membuat dan melakakukan finalisasi untuk brand positioning dan brand essence agar siap menjadi global brands. Jadi, kami customize sesuai kultur dan kondisi di perusahaan kami. Dalam hal eksekusi, kami melakukan brand rejuvenation untuk Roma dan menjadi market leader di kategori biskuit di Indonesia.

Apa impian yang ingin Anda capai di bidang karier dan leadership?

Dalam karier, saya ingin terus bisa memberikan kontribusi dan ikut serta dalam menyukseskan perusahaan tempat saya bekerja dan menjadikan brand-brand kami menjadi truly global brands. Dalam hal performa perusahaan, kami dapat menjadi leader yang tidak hanya unggul dalam market share, tetapi juga menjadi world class company yang dijadikan benchmark oleh perusahaan-perusahaan lain.

Dalam hal leadership, saya ingin terus belajar dan memberikan inspirasi dan motivasi bagi marketers dan calon marketers (yang belum bekerja). Karena bagi saya great leader adalah pemimpin yang bisa memberikan inspirasi, motivasi dan keyakinan bagi orang lain. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)