Rini Soemarno: Karyawan BUMN Harus Sejahtera

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengungkapkan aset terpenting yang dimiliki oleh perusahaan adalah sumber daya manusia. "Bukan uang, gedung, atau proyek, tapi manusia," kata dia saat membuka acara Forum Chief Financial Officer (CFO) di kantor pusat Pertamina, Selasa, 22 September 2015.

Menteri BUMN Rini M Soemarno Menteri BUMN Rini M Soemarno

Rini Soemarno mengatakan untuk menghadapi ekonomi yang sedang lemah, BUMN diminta mendorong pembangunan serta lebih aktif menyerap tenaga kerja. UntukĀ  bisa bertahan dan menjadi pendongkrak perekonomian, kata Rini, direksi BUMN harus bisa membuat karyawan berkontribusi bagi perusahaan. "Harus ada anggaran untuk itu," ujarnya.

Ia mengatakan jangan sampai karyawan BUMN masih memikirkan bagaimana anaknya harus bersekolah atau membayar sewa rumah susun. "Kita harus memikirkan kesejahteraan mereka secara menyeluruh, termasuk satpam dan petugas cleaning service-nya."

Ia mengimbau seluruh CFO agar membuat program untuk memberikan kesejahteraan yang sepadan bagi seluruh karyawan. "Yang harus ditekankan, perusahaan tidak hanya terdiri dari direksi," ujarnya. Mantan Presiden Direktur PT Astra International Tbk ini berharap seluruh perusahaan BUMN bisa bersinergi, sehingga bisa menjadi perusahaan terbesar di Indonesia.

Tempo.co

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)