Roadmap Perbankan Syariah OJK 2015-2019: Konsep Sinergi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan roadmap perbankan syariah untuk periode 2015-2019. "Roadmap ketiga ini mengusung konsep era sinergi perbankan syariah," ujar Direktur Perbankan Syariah OJK Dhani Gunawan Idhat di Hotel Rancamaya, Bogor, Sabtu, 21 November 2015.Lowongan Kerja Bank Terbaru Bank Muamalat Indonesia Untuk Lulusan D3 dan S1 Fresh Graduate Banyak Posisi

Dhani menuturkan, fokus utama roadmap perbankan syariah dalam lima tahun ke depan, selain sinergi dengan lembaga terkait, juga termasuk sinergi sumber daya dan teknologi informasi. Menurutnya, roadmap tersebut secara khusus memang lebih banyak dibuat untuk persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun depan.

Terlebih, pada 2020 akan dimulai era integrasi perbankan di ASEAN. "Jadi nanti SDM perbankan lebih terbuka, ada bankir dari negara lain masuk, bank-bank luar juga ekspansi masuk, begitu juga sebaliknya," katanya.

Ia mengatakan saat ini, sinergi antara perbankan syariah dan induknya belum berjalan optimal. "Mereka seolah-olah seperti kompetitor, kalau dibiarkan yang rugi bank syariah sendiri karena tidak kuat lawan induknya," ujar Dhani. Adapun dari total 12 bank syariah yang ada, sebelas bank memiliki bank induk. OJK mengharapkan dengan adanya sinergi maka akan membawa keuntungan bagi kedua belah pihak.

Salah satunya adalah sinergi berbagi jaringan kantor, layanan, dan akses teknologi. "Karena kalau bank syariah lakukan semuanya sendiri sulit, biayanya besar, sementara industri ini butuh berkembang dengan cepat," ucap Dhani. Sementara itu, untuk perbankan syariah yang tidak memiliki induk, yaitu Bank Mumalat, menurutnya, dapat bersinergi dengan para pemegang sahamnya.

Kondisi pertumbuhan perbankan syariah selama beberapa tahun terakhir mengalami perlambatan, yaitu kini berada di bawah 10 persen, dari tahun-tahun sebelumnya yang bahkan pernah berada di level 30 persen. Dhani mengatakan harapan dari diluncurkannya roadmap perbankan syariah ini dapat menjadi referensi dari semua pihak, khususnya investor. "Industri bisa lihat apa yang akan dilakukan OJK untuk industri ini hingga 2019," katanya. Selain itu, roadmap ini juga diproyeksikan dapat dijadikan alat ukur tantangan yang akan dihadapi perbankan syariah ke depannya.

Tempo.co


 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)