Rumah Zakat Targetkan 2800 Desa Berdaya Tahun Ini

Rumah Zakat membuka 2020 dengan paparan sejumlah kinerja dan rencana positif. Lembaga filantropi yang telah menyalurkan bantuan kepada 34 juta penerima manfaat ini meluncurkan Gerakan Kebahagiaan Indonesia, sebuah gerakan yang bertujuan memberdayakan sesama pada Kamis (6/2/2020).

Salah satu program Rumah Zakat yakni Desa Berdaya mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tercatat tahun 2019 sudah ada 1620 desa yang diberdayakan di 33 provinsi. Di tahun 2020, Rumah Zakat menargetkan jumlah Desa Berdaya bertambah menjadi 2800 seluruh Indonesia.

CEO Rumah Zakat, Nur Effendi, menyampaikan, Desa Berdaya merupakan program unggulan yang pengaruhnya sangat besar bagi perekonomian Indonesia.

"Kalau kita memberdayakan desa, maka kita telah membantu perekonomian Indonesia sebesar 40%. Karena desa merupakan faktor penggerak ekonomi yang besar," tutur Nur Effendi.

Tiga pilar yang menopang Desa Berdaya, menurut Nur, yakni pendampingan, integrasi potensi masyarakat desa, dan inisiasi Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS). Masing-masing desa memiliki satu relawan pendamping yang melakukan pembinaan dan pemberdayaan desa.

Sedangkan pendekatan yang diambil yakni meninjau kemiskinan dalam aspek multidimensi, diantaranya spiritual dan material. Goal yang akan dicapai yakni keberdayaan penerima manfaat secara individu yang mencakup pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Lalu keberdayaan komunitas melalui penguatan produk, pendampingan legalitas, pelatihan kewirausahaan, dan pemberian modal usaha. Unit usahanya yakni agrobisnis, microfinance dengan salah satu unit usaha Berdaya Mart, dan microbusiness.

"Hasilnya, taraf hidup masyarakat Desa Berdaya naik sebesar 41% dan sejumlah 21,4% masyarakat keluar dari garis kemiskinan," tambah Nur.

Tahun 2020 juga dipandang Rumah Zakat sebagai momentum transformasi menuju World Digital Philanthrophy Organization. Sebagai upaya akselerasi tersebut, Rumah Zakat mengoptimalkan teknologi digital.

Salah satunya yakni meluncurkan super app bernama Digital Islamic Style (DIS), sebuah aplikasi yang merangkum aktivitas umat muslim secara digital seperti platform makanan halal, wisata halal, pembayaran ZIS, hingga perencanaan keuangan secara syariah yang menggandeng Halofina.

Masih dalam rangkaian acara, Rumah Zakat juga menandatangani nota kesepahaman dengan sejumlah mitra kolaborasi baru diantaranya Halofina, MNC Sekuritas, dan pemerintah provinsi.

Tags:
Rumah Zakat

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)