RUPS Permata Bank Setujui Right Issue Rp 1,5 Triliun dan Dewan Direksi Baru

Hasil rapat umum pemegang saham PT Bank Permata Tbk  yang berlangsung di WTC 2 Gedung Permata Bank Jakarta (19/12) menyetujui usulan untuk meningkatkan pemodalan hingga Rp. 1,5 triliun melalui Penawaran Umum Terbatas VI (PUT VI atau rightsiIssue). Dana hasil rights issue akan digunakan untuk membiayai sebagian kebutuhan dana penyertaan modal pada PT Astra Sedaya Finance (ASF).

PermataBank

Melalui rights issue, PermataBank akan mengeluarkan tambahan saham kelas B sebanyak 1.207.706.806 (satu miliar dua ratus tujuh puluh juta tujh ratus enam ribu delapan ratus enam) lembar dengan harga Rp 1.242 per lembar. Setiap pemegang 221 saham lama yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal pencatatan (3 januari 2014 pukul 16.00 Wib) mempunyai 25 Hak Memedan Efek Terlebih Dahulu (HMETD), di mana setiap HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak satu saham baru.

Pemegang saham mayoritas PermataBank yaitu PT Astra International Tbk dan Standard Chartered Bank telah menyatakan akan melaksanakan haknya untuk membeli saham yang ditawarkan dalam rights issue dan bertindak sebagai pembeli siaga (standby buyer) secara sama besar atas sisa saham HMETD yang tidak dipesan oleh pemegang saham lainnya dalam Penawaran Umum Terbatas ini.

Di lain sisi, terdapat perubahan jajaran direksi terkait pengunduran diri Direktur Utama PermataBank dan Direktur Retail Banking PermataBank. para pemegang saham menyetujui pengunduran diri David Fletcher, Direktur Utama PermataBank yang menjabat selama 4 tahun di Indonesia untuk berkarier di luar Indonesia. “ Resminya saya efektif mengundurkan diri tanggal 17 februari 2014”, ujarnya. Selama mengisi kekosongan, Wakil Direktur Utama, Herwidayatmo akan merangkap sebagai Pelaksa Tugas Direktur Utama sambil menunggu penunjukkan Direktur Utama yang baru oleh pemegang saham dan persetujuan dari regulator.

Selanjutnya pemegang saham juga menyetujui pengangkatan Bianto Surodjo untuk meneruskan kepemimpinan Lauren Sulistiawari sebagai Direktur Retail Banking yang telah mengundurkan diri efektif pada tanggal 19 september 2013. Sebelumnya, Bianto menjabat sebagai Head Retail Liability, Wealth Management dan e-Channel PermataBank. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)