Saatnya Perusahaan Melakukan Open Innovation

Sejak tiga tahun menjadi Vice President Internatioal PDMA, Allan M Anderson cukup mengenali berbagai inovasi sebuah perusahaan. Menurutnya, saat ini perusahaan perlu mengembangkan apa yang dinamakan dengan open innovation. Sebuah inovasi terbuka yang melibatkan berbagai stakeholder baik perusahaan maupun institusi.

Sebab, menurut Professor of Product Development di Universitas New Zealand itu, inovasi dalam sebuah perusahaan bagaikan darah dalam tubuh. Tanpa ada darah yang mengalir dalam tubuh perusahaan, maka dipastikan perusahaan itu akan mati. Sebagaiman slogan ‘innovation or die’, baginya itu bukan hanya slogan semata. Tapi adalah sebuah pilihan yang akan terus ada sampai dunia tutup usia. Berikut kutipan wawancara Jurnalis SWA Online Syukron Ali dengan Allan M Anderson di kantor PPM Jakarta:

Allan M Anderson, VP PDMA International (foto: Syukron Ali/SWA) Allan M Anderson, VP PDMA International (foto: Syukron Ali/SWA)

Apa pandangan Anda terhadap inovasi perusahaan di Indonesia?

Sejak tiga tahun terakhir, saya mengamati perkembangan inovasi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dan saya rasa apa yang saya saksikan itu cukup bagus. Sejauh yang saya ketahui, ada beberapa perusahaan di Indonesia yang sudah cukup bagus dan matang inovasinya dan bisa dijadikan contoh untuk pengembangan inovasi bagi perusahaan lain seperti Kino dan Tatalogam.

Apa saja tren inovasi yang berkembang saat ini?

Dari perkembangan inovasi saat ini, ada satu hal yang tidak kalah pentinya yaitu apa yang disebut dengan Open Innovation. Pada dasarnya open innovation sebagai sarana berbagai untuk mencari para inovator di sebuah perusahaan dengan cara bemitra dengan berbagai institusi dan perusahaan untuk menciptakan sebuah trobosan yang inovatif dalam perusahaan.

Menurut Anda, apa saja faktor-faktor yang berpengaruh dalam dunia inovasi?

Saya kira di tengah persaingain global ini, setiap perusahaan selalu belajar dari para best practice innovation dari perusahaan lain, lalu dikembangkan dan disesuaikan dengan kondisi perusahaan mereka. Karena itu, para manajemen perusahaan berserta stakeholder perlu memikirkan langkah strategis dalam mewujudkan sebuah inovasi. Jika perlu, dibentuk SDM khusus yang menangani inovasi supaya dapat mendrive dengan tepat. Jika tidak, maka akan kalah saing dengan perusahaan lain.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)